Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, terus melakukan beberapa langkah untuk ikut memaksimalkan partisipasi pemilih di Pilkada 2020 sebagaimana target KPU Pusat, yakni 75 persen.

“Pemkab Sintang mendukung penuh proses pilkada, termasuk dalam hal partisipasi pemilih. Dukungan agar partisipasi pemilih tinggi yakni terus melakukan sosialisasi baik melalui Kesbangpol Kabupaten Sintang dan saya sendiri di setiap kesempatan,” ujar Pjs Bupati Sintang Florentinus Anum saat dihubungi di Sintang, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya kegiatan sosialisasi tersebut sudah dilaksanakan sejak Tahun Anggaran 2019 lalu di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Ambalau, Kecamatan Serawai, Kecamatan Kayan Hilir, Kecamatan Kayan Hulu, Kecamatan Ketungau Tengah, dan Kecamatan Ketungau Hulu.

“Kemudian pada Tahun Anggaran 2020 ini sosialisasi dilaksanakan di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Dedai, Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Ketungau Hilir, serta diakhiri dengan Sosialisasi tingkat kabupaten yang dihadiri oleh Forkompincam, Ketua PPK, Ketua Panwascam, dan tokoh masyarakat di Kabupaten Sintang,” kata Anum.

Selain itu, dalam setiap kesempatan juga ia selaku Pjs Bupati juga selalu mengimbau kepada masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilih pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Saya mengajak mari bersama menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pilihan masing-masing. Sukseskan Pilkada 2020 dan bebas COVID-19,” kata Anum.

Terkait tantangan di Sintang dalam meningkatkan partisipasi adalah pelaksanaan pilkada yang dilakukan di tengah-tengah masa pandemi COVID- 19. Selain itu juga adanya potensi bencana banjir di Kabupaten Sintang, berdasarkan ramalan BMKG.

“Kondisi pada Desember kita memasuki cuaca yang sedikit ekstrem dengan intensitas hujan yang tinggi. Untuk itu diperlukan fasilitasi dan koordinasi antar pemerintah dengan pihak penyelenggara dalam meningkatkan partisipasi pemilih melalui upaya memaksimalkan,sosialisasi, edukasi dan literasi kepada para pemilih pemula untuk aktif datang ke TPS,” kata Anum.

Baca juga: Pjs Bupati Sintang tegaskan aktivitas perkantoran disiplin terapkan protokol kesehatan
Baca juga: Cegah COVID-19 Pemkab Sintang berlakukan shift kerja untuk ASN
Baca juga: Pemkab Sintang siapkan rumah susun dan gedung diklat untuk pasien COVID-19

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020