Sebanyak 29 desa dari 278 desa di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat saat ini mempersiapkan diri untuk menjadi desa mandiri dengan berbagai indikator yang harus terpenuhi.

"Untuk mencapai desa mandiri ada dua indikator yang cukup sulit bagi desa yaitu indikator perekonomian dan indikator terkait sarana prasarana penanggulangan bencana, kalau indikator lain saya rasa 29 desa itu tidak mengalami kesulitan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu Alfiansyah, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Baca juga: Nanga Tepuai juara satu lomba desa mandiri menuju langit biru

Menurut Alfiansyah, 29 desa yang merupakan sasaran desa mandiri itu juga pernah undang Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam upaya peningkatan desa mandiri.

Disampaikan dia, untuk mewujudkan desa mandiri tersebut merupakan langkah untuk mendukung dan mensukseskan program Gubernur Kalimantan Barat.

"Tentu kami mendorong terwujudnya desa mandiri di 29 desa tersebut dengan harapan dukungan dari sejumlah instansi terkait atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu," kata Alfiansyah.

Untuk mencapai indikator desa mandiri, Alfiansyah minta kepala desa dapat lebih fokus dan memprioritaskan melalui dana desa.

"Kami juga tidak bisa bekerja sendiri pembinaan dan pendampingan tetap kami lakukan, tetapi perlu keterlibatan semua pihak dan kepada masyarakat desa kami berharap bahu-membahu dalam mewujudkan desa mandiri," pesan Alfiansyah.

Baca juga: Gali potensi desa, Kapuas Hulu gelar pameran teknologi tepat guna
Baca juga: Kapuas Hulu gandeng Polnep bangun desa mandiri
Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu dorong terwujudnya desa mandiri

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020