Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu Kalimantan saat ini resmi menerapkan Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Melalui PTSP kami berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan transparan, akuntabel dan cepat," kata Kepala Kantor Kemenag Kapuas Hulu, Syahrul, saat peresmian Pelayanan terpadu satu pintu, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Dirinya berharap proses pelayanan kepada masyarakat semakin mudah dengan adanya sistem pelayanan satu pintu.

"Tentu kami terus berupaya berbenah diri dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat," ucap Syahrul.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat Ridwansyah mengatakan saat ini ada beberapa kemudahan dalam pelayanan yang dilakukan secara online, itu dilakukan melalui Pelayanan terpadu satu pintu.
Launching Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu. (Foto ANTARA/Timotius)


"Saya rasa ini adalah hikmah dari pademi COVID-19, dimana pelayanan sekarang ini lebih banyak dilakukan secara online," kata Ridwansyah.

Menurut Ridwansyah, seluruh Kantor Kemenag kabupaten/kota di Kalimantan Barat saat ini sudah menerapkan Pelayanan terpadu satu pintu, hanya tinggal Kabupaten Ketapang yang belum menerapkan pelayanan tersebut.

"Kami berharap pelayanan semakin di tingkatkan dengan ramah, humanis serta pelayanan cepat dan transparan sehingga betul-betul dirasakan masyarakat," pesan Ridwansyah.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir mengapresiasi pelayan terpadu satu pintu yang tentunya memberikan kemudahan dan kecepatan dalam pelayanan.
 
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Barat bersama Bupati Kapuas Hulu dan pejabat Forkompinda foto bersama di lokasi Pelayanan terpadu satu pintu Kantor Kemenag Kapuas Hulu. (Foto ANTARA/Timotius)


"Alhamdulillah pelayanan selama ini sudah cukup baik, namun dengan adanya PTSP tentu akan semakin meningkat lagi," pinta Nasir.

Ia mengatakan di masa pandemi COVID-19 hampir semua kegiatan dilakukan secara online termasuk pelayanan kepada masyarakat.

"Kita harapkan PTSP itu nantinya benar-benar bermanfaat bagi masyarakat serta kita terus lakukan sosialisasi sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya," kata Nasir.

Peresmian atau launching Pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dihadiri Anggota DPD RI Erlinawati, Anggota DPRD Kapuas Hulu sejumlah pejabat Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) Kapuas Hulu, dan seluruh Kepala Kemenag di wilayah Kalimantan Barat.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2020