PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) Site Sandai telah  melaksanakan program CSR (Corporate Social Responsibility) melalui kegiatan perbaikan infrastruktur jalan akses Desa Simpang Tonggo, Desa Muara Jekak, Kecamatan Sandai, Kabupaten Ketapang – Kalimantan Barat.

Kegiatan perbaikan infrastruktur jalan akses Desa Simpang Tonggo dilaksanakan selama 6 (enam) hari, dimulai sejak 5 - 10 Januari 2021. Pada perbaikan jalan ini, CITA memberikan bantuan berupa penggunaan alat berat berupa excavator PC 210, vibrator roller, dump truck, motor grader dan juga material untuk pengurukan berupa tanah laterit dan batu selama 6 (enam) hari.

CSR Manager Site Sandai Setyo Wibowo menyampaikan, bahwa kegiatan perbaikan atau pembuatan jalan umum masyarakat merupakan bagian komitmen CSR perusahaan di bidang infrastruktur untuk memberikan manfaat nyata dengan hadirnya perusahaan di tengah lingkungan masyarakat. “Kami berharap adanya perbaikan jalan Simpang Tonggo ini, akses mobiltas masyarakat dapat lebih nyaman dan cepat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas warga," ujar dia dalam rilis yang diterima di Pontianak, Rabu.

Di tempat yang sama, Ju, selaku tokoh masyarakat setempat mengungkapkan bahwa CITA telah berperan membantu masyarakat dalam perbaikan jalan akses desa di Simpang Tonggo di Desa Muara Jekak, “Terima kasih kepada CITA yang telah membantu kami dalam perbaikan jalan ini, karena jalan ini menjadi salah satu akses utama jalan antar wilayah di Desa Muara Jekak ke wilayah lain seperti Desa Jago Bersatu, Teluk Bayur maupun ke wilayah Matan Jaya dan merupakan jalan yang digunakan oleh masyarakat setempat menuju ke kebun mereka sehingga sangat berpengaruh pada perekonomian warga” ungkap Ju.

 
Penghargaan dari Gubernur Kalbar (Istimewa)


Jalan Simpang Tonggo yang diperbaiki ini mencapai panjang sekitar dua kilometer. Jalan ini merupakan salah satu jalan akses masyarakat Desa Muara Jekak maupun masyarakat kecamatan Sandai ke Kecamatan Sungai Laur dan Kecamatan Simpang Hilir yang sering dilewati oleh masyarakat. Kondisi jalan ini sebelumnya rusak di beberapa titik dan menjadi lebih buruk pada saat musim penghujan sehingga sangat mengganggu dan berdampak terhadap aktivitas maupun akses mereka, karena sulit dilalui terutama kendaraan berat atau roda empat.

Selain jalan Simpang Tonggo ini, CITA juga telah melakukan beberapa perbaikan jalan umum yang digunakan oleh masyarakat. Perbaikan jalan dilakukan di site CITA Sandai dan juga dilakukan di site CITA Air Upas yang meliputi beberapa area Kecamatan seperti Kecamatan Air Upas, Marau, Singkup dan Kendawangan.

Kegiatan CSR bidang infrastruktur ini yang membawa CITA mendapatkan apresiasi berupa penghargaan dari Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji pada 28 Januari 2021 yang bertepatan dengan peringatan HUT Kalbar ke 64. Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada CITA serta perusahaan lainnya yang telah memberikan kontribusi serta sumbangsih terhadap pembangunan Kalbar. Pembangunan yang dimaksud adalah kegiatan pembangunan dan perbaikan jalan yang memiliki peran penting dalam meningkatkan roda perekonomian daerah.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi CITA untuk terus berkarya bagi masyarakat dan juga demi mengoptimalkan peran CITA dalam mengembangkan provinsi Kalimantan Barat.

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021