Jurnalis dari sejumlah media cetak, elektronik dan televisi di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat menggelar aksi bakti sosial pembagian sembako dan masker dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 di daerah tersebut.

"Peringatan HPN Tahun 2021 kami laksanakan secara sederhana dengan membagikan sembako masker, sebagai bentuk kepedulian insan pers di tengah pandemi COVID-19," kata Ketua Pantia Peringatan HPN Tahun 2021 Sahirul Hakim, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Sahirul, kegiatan bakti sosial tersebut bekerjasama dengan pihak kepolisian dan TNI dalam hal ini Polres Kapuas Hulu, Koramil Putussibau Kota dan Polsek Putussibau Selatan serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Dikatakan dia, untuk pembagian sembako diberikan kepada Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Insan Mandiri Putussibau yang merupakan sekolah menerapkan program asrama serta Pondok pesantren Al Fatah Putussibau.

"Setelah pembagian sembako kami laksanakan pembagian masker di jalan kepada masyarakat dengan harapan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta upaya rekan-rekan jurnalis menanggulangi pandemi," ucap Sahirul.

Wakpolres Kapuas Hulu Kompol Oon Sudarman mengapresiasi kegiatan jurnalis di Kapuas Hulu dengan melaksanakan bakti sosial di tengah pandemi COVID-19.

Menurut dia, wabah COVID-19 banyak berdampak terhadap berbagai sisi kehidupan masyarakat sehingga perlu kerjasama semua pihak dalam menanggulangi pandemi.

"Mari kita semua selalu menerapkan protokol kesehatan dengan 5M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas untuk memutuskan rantai penyebaran COVID-19," kata Sudarman.

Dia berharap melalui peringatan Hari Pers Nasional juga agar insan pers selalu membantu dalam menyampaikan edukasi melalui informasi pemberitaan kepada masyarakat. 

"Terima kasih rekan-rekan pers yang sangat berperan dalam memberikan edukasi kepada semua pihak terutama dalam pentingnya menerapkan protokol kesehatan," ucap Sudarman.

Sementara itu, Kepala SMPIT Insan Mandiri Putussibau Aas Hermawan menyampaikan terima kasih atas kepedulian jurnalis serta jajaran TNI Polri dalam rangka bakti sosial peringatan Hari Pers Nasional.

"Kami sangat bahagia atas kunjungan rekan-rekan jurnalis dan kepolisian serta TNI, semoga kunjungan ini bukan yang terakhir kali, namun awal untuk kita bersama-sama membangun dunia pendidikan," kata Aas. 

Dalam kesempatan itu, Aas juga menyampaikan bahwa SMPIT Insan Mandiri Putussibau bukanlah pondok pesantren, namun sekolah umum tingkat SMP dibawah naungan Kemendikbud yang dengan program asrama.

"Peserta didik wajib tinggal di asrama, jadi kami bukan pesantren tetapi sekolah umum yang juga menerapkan kurikulum 13 dari kementerian," ucap Aas.

Dalam melaksanakan program asrama, Aas mengatakan dengan ketat menerapkan protokol kesehatan baik terhadap peserta didik yang berjumlah 29 orang mau pun terhadap tenaga pendidik.

"Meski pun sekolah asrama, tetapi penerapan protokol kesehatan sangat ketat kami berlakukan," jelas Aas singkat.

Dirinya berharap melalui peringatan Hari Pers Nasional, jurnalis selalu diberikan kesehatan dan dilindungi dalam menjalankan tugas.

"Semoga bapak-bapak sekalian dan kita semua selalu dilindungi dan diberikan kesehatan dalam melaksanakan tugas di tengah pandemi, sekali lagi selamat Hari Pers Nasional," kata Aas.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021