Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Abang Muhammad Nasir meresmikan gedung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Silip Kapuas Hulu yang telah selesai di bangun dengan anggaran Rp7,9 miliar dari APBD Tahun 2020 daerah setempat.

"Rawat dan jagalah, karena gedung itu aset Pemkab Kapuas Hulu sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Abang Muhammad Nasir, saat meresmikan gedung Dinas Dukcapil Kapuas Hulu, Kamis.

Baca juga: Setelah 30 tahun Kapuas Hulu kini miliki gedung Disdikbud baru

Disampaikan Nasir, Pemkab Kapuas Hulu telah berupaya dalam melaksanakan pembangunan termasuk gedung perkantoran yang rata-rata sudah tidak layak lagi di jadikan kantor terutama untuk pelayanan kepada masyarakat.

Menurut dia, dari beberapa usulan pembangunan gedung perkantoran diantaranya aula Kantor Bupati Kapuas Hulu, gedung Korpri dan sejumlah perkantoran lainnya, tetapi hanya beberapa yang terealisasi salah satunya gedung Disdik dan Disdukcapil Kapuas Hulu.

"Kita keterbatasan anggaran ditambah lagi wabah COVID-19, sejumlah pembangunan terkendala," kata Nasir.

Nasir mengakui masih banyak juga infrastruktur jalan yang rusak, bahkan dua kecamatan di Kapuas Hulu belum bisa di akses menembus ibu kota kabupaten, belum lagi perumahan camat, sekcam para guru dan gedung camat.

Baca juga: Disdikbud Kapuas Hulu miliki gedung baru setelah 30 tahun

Berkaitan dengan gedung baru Dinas Dukcapil Kapuas Hulu, Nasir berharap dijadikan sebagai motivasi pegawai agar lebih berinovasi lagi kedepannya.

"Alhamdulillah, selama ini cukup banyak prestasi Dinas Dukcapil Kapuas Hulu dalam hal pelayanan, bahkan di tingkat nasional," jelas Nasir.

Dikatakan Nasir, Tahun 2013 Dinas Dukcapil Kapuas Hulu pernah menduduki  urutan ke tiga tercepat di Indonesia dalam perekaman e-KTP, pernah menjadi urutan ke 23 dari 115 kabupaten kota se-Indonesia tercepat menyelesaikan perekaman e-KTP.

Kemudian pada Tahun 2020, Kapuas Hulu juga urutan pertama se-Kalbar tercepat perekaman e-KTP dan melampaui target nasional dalam kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA).

"Saya minta prestasi seperti itu terus di tingkatkan, apalagi dengan gedung yang baru, kami berharap Dinas Dukcapil Kapuas Hulu dapat semakin inovatif," pesan Nasir.

Baca juga: Kajati Kalbar resmikan gedung baru Kantor Kejari Singkawang
Baca juga: Kayong Utara bangun gedung baru Puskesmas Teluk Batang
Baca juga: Bupati Martin resmikan gedung baru Kantor Kejari Ketapang

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021