Dansatgas TMMD Regtas ke-110 Kodim 1206/Putussibau , Letkol Inf Jemi Oktis Oil mengatakan selain melakukan pembangunan fisik, kegiatan TMMD ke-110 Kodim 1206/PSB di tahun 2021 ini diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Kegiatan TMMD masih menyasar pembangunan fisik dan non fisik. Sasaran fisik meliputi pembangunan pembukaan jalan sepanjang 3,8 Km, pembuatan tujuh jembatan, dan sembilan gorong-gorong," kata Damdim 1206/PSB, Letkol Inf Jemi Oktis Oil, Jumat.

Baca juga: Personel TMMD terapkan Protkes saat berbaur dengan masyarakat

Dikatakannya, untuk sasaran non fisik dilakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan vaksin COVID-19, penyuluhan bahaya narkoba, serta penyuluhan kelompok tani.

"Kami berharap, kegiatan TMMD mampu membantu dalam mempercepat pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ucap Dandim.

Ia menjelaskan, TMMD kali ini digelar di Dusun Tintin Kemantan, Desa Hulu Pengkadan, Kecamatan Pengkadan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, mulai tanggal 2 hingga 31 Maret 2021.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Dian mengatakan pemkab berharap kegiatan TMMD di Desa Hulu Pengkadan di Kabupaten Kapuas Hulu mampu menggerakkan pembangunan infrastruktur di pedesaan.

Baca juga: Satgas TMMD Kodim 1206/PSB Komsos ke Tomas untuk saling tukar informasi

"Ini juga berdampak positif dalam meningkatkan laju roda perekonomian masyarakat," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Dian.

Menurutnya, program TMMD dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan. Sebab proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, disusun dengan sistem bottom up planning. Program TMMD dapat meningkatkan kesetiakawanan sosial untuk meningkatkan ketahanan sosial masyarakat.

"Termasuk mengatasi masalah kemiskinan sehingga semangat kegotong-royongan masyarakat dapat menuntaskan permasalahan yang ada di lingkungannya secara mandiri," katanya.

Dia berharap, pelaksanaan kegiatan TMMD tetap memerhatikan protokol kesehatan COVID-19.

"Saat ini kita masih dalam situasi pandemi. Tidak boleh ada kerumunan, jangan lengah, tetap jaga kebersihan dan kesehatan. Dengan upaya tersebut diharapkan penyebaran COVID-19 dapat kita hentikan," katanya.

Baca juga: Antusias masyarakat bersama TNI di TMMD-110 Kodim 1206/PSB luar biasa
Baca juga: Sinergitas TNI - Polri dalam pelaksanaan TMMD Kodim 1206/PSB di Pangkadan
Baca juga: TMMD Ke-110 hadirkan kebahagiaan anak-anak di Titin Kemantan


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021