Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar Windy Prihastari mengatakan bahwa pada tahun 2021 ini ada empat kegiatan wisata di Kalbar masuk seleksi kalender wisata Indonesia.

"Empat kegiatan wisata tersebut yakni Festival Kulminasi Matahari, Festival Bukit Kelam, Festival Danau Sentarum dan Festival Robo - Robo. Kemenparekraf RI tengah melakukan penjurian untuk kalender wisata Indonesia. Sebelumnya kegiatan wisata di Kalbar seperti Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang sudah masuk kalender wisata Indonesia," ujarnya di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa apabila kegiatan wisata Kalbar masuk dalam kalender wisata Indonesia maka kegiatan tersebut akan dibiayai oleh Kemenparekraf.

"Mudah - mudahan kegiatan wisata di Kalbar tersebut lolos. Sehingga Kalbar semakin dikenal dan dilirik wisatawan lokal maupun luar. Intinya saat ini tengah persiapan," kata dia.

Untuk kalender wisata di Kalbar sendiri  akan diluncurkan pada April 2021 mendatang. Sejumlah destinasi wisata unggulan di Kalbar akan dipromosikan.

"Sebelumnya kita belum ada kalender wisata. Untuk itu kita luncurkan dan semoga destinasi wisata dan kegiatan wisata semakin dikenal," jelas dia.

Sejauh ini, di tengah pandemi COVID-19, inovasi dan gebrakan untuk mempersiapkan pariwisata terus digencarkan. Sejak akhir 2020 lalu diaktifkan kembali namun harus menyesuaikan dengan kebiasaan baru.

"Kita telah meluncurkan program wisata ke Kalbar jak. Kita menggalakkan atau reaktivasi kembali wisata di Kalbar ini dengan melibatkan para pihak di industri pariwisata di Kalbar," katanya.

Ia menambahkan melalui reaktiviasi wisata di Kalbar diberikan promosi paket wisata murah di Kalbar. Hal itu melibatkan asosiasi wisata dan pelaku industri wisata yang ada.

"Sejauh ini baru dua daerah dari 14 kabupaten kota di Kalbar yakni Kota Pontianak dan Kabupaten Bengkayang yang menjual paket wisata murah. Kita terus mengimbau semua pihak tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021