Sejumlah harga kebutuhan pokok atau sembako di pasar Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat mengalami kenaikan, kenaikan harga sejumlah sembako tersebut terjadi pada minggu pertama April atau minggu pertama bulan Ramadhan di daerah tersebut.

" Minggu pertama April memang ada beberapa harga sembako yang mengalami kenaikan harga, salah satu diantaranya yaitu cabai merah keriting dari Rp50 ribu/kilogram menjadi Rp80 ribu/kilogram," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu Kasianus Kintoi, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Kintoi, selain cabai, beberapa barang yang mengalami kenaikan harga yaitu jenis hasil laut seperti ikan Tongkol hitam Rp38 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg, Sotong dari Rp75 ribu/kg naik menjadi Rp95 ribu/kg, Udang Suluh dari Rp75 ribu menjadi Rp80 ribu/kg.


Baca juga: Jelang Ramadan harga daging sapi di Pontianak stabil
Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu sidak stok sembako


Sedangkan untuk, telur ayam ras dengan harga Rp1.500/butir naik menjadi Rp1.700/butir, bawang merah Rp40 ribu/kg naik menjadi Rp45 ribu/kg, bawang putih dari harga Rp28 ribu/kg naik menjadi Rp35 ribu/kg.

Bahkan kata Kintoi, sejumlah sayur lokal Kapuas Hulu seperti daun ubi atau singkong juga mengalami kenaikan, dari harga Rp3.000/ikat menjadi Rp4.000/ ikat, daun sawi manis Rp30 ribu/kg menjadi Rp40 ribu/kg dan Margarin Simas Rp17 ribu/kg menjadi Rp18 ribu/kg.

"Jadi itu hasil monitoring kami pada minggu pertama April, secara umum memang masih tergolong stabil untuk harga sembako dan biasanya kami selalu monitoring ke pasar dua kali dalam seminggu," kata Kintoi.

Kintoi menyebutkan meski pun ada kenaikan di sejumlah harga sembako, namun ada juga yang mengalami penurunan seperti Kentang dari Rp25 ribu/kg turun menjadi Rp20 ribu/kg, Wortel dari Rp40 ribu/kg turun menjadi Rp30 ribu/kg dan Kol awalnya Rp25 ribu/kg turun menjadi Rp20 ribu/kg.

" Sejauh ini untuk sejumlah sembako yang mengalami kenaikan masih normal, termasuk juga sembako selama Ramadhan dan Idul Fitri mencukupi," kata Kintoi.

Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu pastikan stok sembako aman menjelang Ramdhan
Baca juga: TPID: Harga bahan pokok di Pontianak stabil jelang Ramadan
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021