Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat, Sebastianus Darwis meminta organisasi kepemudaan di daerah itu melakukan terobosan seperti mendorong anggotanya memanfaatkan peluang usaha yang ada di daerah itu.

"Peran organisasi kepemudaan di Kabupaten Bengkayang bisa membantu pemerintah dalam memajukan daerah. Sehingga kegiatan organisasi kepemudaan tidak hanya sekedar seremonial semata," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia mengatakan bahwa banyak pemuda Bengkayang memiliki kreativitas dan potensi hanya saja belum disalurkan dengan maksimal. Ia juga meminta pemuda lebih kreatif dan inovatif, tidak hanya berpangku pada pemerintah tetapi lebih mandiri.

"Kami minta organisasi kepemudaan, seperti KNPI, Karang Taruna dan organisasi lainnya untuk bisa melakukan aksi nyata. Tidak hanya seremoni saja," katanya.

Ia juga berharap pemuda mengembangkan diri sebagai enterpreneur dan bekerja sama dengan OPD terkait, UMKM dan desa untuk memuat kreativitas.

"Anak-anak kita punya potensi itu, hanya saja tidak pernah digali. Saya beri contoh, BumDes di desa Pasti Jaya masuk 10 terbaik tingkat Kemendagri. Itu anak muda semua, termasuk yang mengurus BumDes di Jugan," paparnya.

Ia juga menekankan pemuda tidak malu dan gengsi bergelut dalam pekerjaan atau bertani dan berkebun.

"Sektor yang paling banyak kita ini kan ada di pertanian dan perkebunan. Kita perlu dorong itu, untuk memberikan edukasi bahwa menjadi petani bukan sebuah pekerjaan yang hina. Kita harap bisa berkontribusi disana untuk membangun daerah ini," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bengkayang, Albert Pandur Sae Pudaba mengatakan bahwa ke depan dalam rapat kerja akan dibahas apa saja program kerja yang akan dilakukan terutama dalam membina pemuda yang ada di Bengkayang. Aksi nyata, kata Pandur, akan diselaraskan dengan program daerah.

"Kita memang merencanakan akan rapat kerja daerah pertama, dalam rapat itu nanti kita akan membahasnya bersama program apa saja yang akan kita lakukan ke depan. Sehingga program kerja kita juga akan searah dengan visi misi bupati. Kita berharap program kerja KNPI ke depan tentu dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Bengkayang ini," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021