Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalbar, Maria Agustina mengatakan sampai triwulan I 2021, realisasi investasi masih di bawah 25 persen.

"Untuk tahun ini, target capaian investasi Kubu Raya sebesar Rp4 miliar lebih. Namun, capaian atau realisasi investasi masih belum mencapai 25 persen di triwulan pertama tahun 2021," katanya di Sungai Raya, Rabu.

Dia mengatakan, hal tersebut dikarenakan masih banyak pelaku usaha belum menyampaikan laporan kegiatan penanaman modalnya.

"Pelaporan kegiatan penanaman modal secara disiplin dan berkelanjutan ini menjadi target utama kami karena terkait dengan hasil atau realisasi investasi," tuturnya.

Maria menjelaskan pada triwulan selanjutnya pelaku usaha wajib untuk melaporkannya.

"Ada tiga triwulan lagi pelaku-pelaku usaha di Kubu Raya melaporkan hasil realisasi investasi masing-masing," katanya.

Menurut Maria, masih ada pelaku usaha yang belum paham menyampaikan laporan usahanya, meskipun saat ini layanan pelaporan hasil investasi bisa dilakukan secara online atau daring.

"Kalau pelaku usaha tersebut sudah memiliki perizinan melalui OSS online, maka laporan realisasi investasinya juga sudah melalui OSS online. Sebaliknya jika perizinannya belum menggunakan OSS online, maka mereka bisa menggunakan LKPM online," kata Maria.

Untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha mengenai cara pelaporan realisasi investasi masing-masing, kata Maria, pihaknya pun melakukan upaya jemput bola dengan mendatangi langsung para pelaku usaha untuk memberikan penjelasan, mengingatkan dan membimbing para pelaku usaha.

Ia menambahkan sejumlah pelaku usaha sudah melaporkan realisasinya secara online, namun akibat pandemi ini, tidak ada tambahan investasinya.

"Karena investasi yang kami hitung di sini adalah aset tetapnya, jadi dengan pelaporan tersebut bisa diketahui apakah setiap pelaku usaha ini ada yang bertambah aset tetapnya," kata Maria.

Baca juga: Disbun Kubu Raya bakal lakukan peremajaan 500 hektare lahan sawit
Baca juga: 70 persen jalan kabupaten kondisi mantap
Baca juga: Bupati Muda minta FKUB edukasi masyarakat tentang keberagaman
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021