Sejak pagi hari, ratusan warga Kota Pontianak, khususnya warga yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas telah mengantri dan sangat antusias untuk mendapatkan vaksin gratis dari kegiatan serbuan vaksinasi masyarakat maritim yang dilaksanakan oleh Lantamal XII Pontianak di Pelabuhan Senghie Pontianak dan juga dilakukan secara serentak oleh TNI AL di seluruh Indonesia.

"Untuk pemberian vaksin hari ini kami sebenarnya hanya menargetkan 1000 orang saja yang diberi vaksin. Namun berkat antusiasnya warga saat ini telah terdaftar 12.00 orang lebih," kata 
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman di Pontianak, Selasa.

Danlantamal XII mengatakan untuk menampung antusias vaksin masyarakat, maka kegiatan vaksin itu akan dilanjutkan besok, Rabu (7/7) di tempat yang sama.

"Jadi besok, kami akan melanjutkan hari kedua pelayanan pemberian vaksin gratis di Pelabuhan Senghie Jalan Tanjungpura Pontianak. Dengan harapan dapat memberikan vaksin sebanyak-banyaknya kepada masyarakat di Kalbar ini," katanya.

Bahkan ujarnya, tadi melalui vicon KASAL telah memerintahkan agar seluruh jajaran TNI AL melakukan  "jemput bola" dengan mendatangi masyarakat yang berada di pesisir-pesisir dan pulau-pulau terluar, dimana mereka tidak sulit untuk mendatangi tempat pelayanan vaksinasi saat ini.

"Untuk hal itu tadi kami sudah berkoordinasi dengan Wagub Kalbar, Pangdam XII/Tpr, dari Polda Kalbar, Wali Kota Pontianak dan instansi terkait lainya yang juga hadir saat pelayanan vaksinasi di Pelabuhan Senghie. Dan vaksinasi ini untuk kepentingan menjaga kesehatan masyarakat semuanya mendukung," kata Jenderal Bintang Satu itu.

Dia menambahkan, setelah berkoordinasi dengan Pangdam XII/Tpr, untuk pelayanan masyarakat yang tinggal di pesisir Lantamal XII Pontianak akan melibatkan Bakangdam XII/Tpr, Pol Airud dan instansi terkait lainnya dalam waktu dekat.

"Hal itu nantikan akan kami bahas bersama dan tindak lanjuti. Kemungkinan pada pertengahan bulan ini akan kami laksanakan. Dengan harapan kegiatan vaksinasi gratis secara serentak ini dapat menjangkau ke seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kalbar," tutupnya.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021