Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat Tasfirani mengatakan Festival Durian yang menjadi agenda tahunan Desa Sedahan Jaya dibatalkan untuk mencegah dan menekan  angka COVID-19.

"Dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19, maka Festival Durian  2021 untuk sementara ditiadakan," ujarnya saat dihubungi di Sukadana, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa festival durian yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 22- 25 Juli 2021 itu harus dibatalkan  melalui pertimbangan  dari berbagai pihak termasuk tim Satgas COVID-19  Kabupaten Kayong Utara.

Baca juga: Semua pihak diminta fokus mengatasi COVID-19 bukan saling menyalahkan

"Mengingat saat ini pandemi COVID - 19 cenderung meningkat. Data yang dirilis Satgas COVID -19 provinsi, dari  14 kab/kota di Kalbar, 1 kota masuk zona merah, 12 kabupaten atau zona oranye dan hanya KKU yang zona kuning," kata dia.

Menurutnya, festival durian merupakan agen rutin Kayong Utara yang sudah masuk dalam kalender even pariwisata Kayong Utara.

"Festival ini merupakan agenda tahunan pariwisata yang masuk kalender pariwisata. Penyelenggaranya adalah panitia Festival Durian Desa Wisata Sedahan Jaya," kata dia.

Baca juga: Pemberlakuan PPKM untuk selamatkan nyawa warga dari COVID-19

Sementara itu, Kepala Desa Sedahan Jaya Nazanadira menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan wisatawan yang akan ikut memeriahkan kegiatan tersebut. Keputusan itu menurutnya hasil diskusi dengan pihak terkait dengan pertimbangan yang matang demi menekan penyebaran COVID-19 di Kayong Utara.

"Kami mohon maaf yang sebesar- besarnya hasil diskusi kami telah bersepakat kegiatan ini kami batalkan,mengingat masih situasi pandemi saat ini, jangan sampai COVID -19 ini menyebar luas ke mana - mana. Kami mengajak semua masyarakat untuk terus dengan ketat menerapkan protokol kesehatan dan mendukung vaksinasi COVID-19. Dengan itu langkah ikhtiar kita dalam mencegah wabah yang masih melanda saat ini," katanya.

Baca juga: Taiwan masukkan Indonesia sebagai negara berisiko tinggi COVID
Baca juga: 50 tim gabungan amankan perbatasan wilayah terkait PPKM Darurat
Baca juga: Pemerintah perpanjang diskon listrik hingga September 2021

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021