Anggota DPRD Dapil II, Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat, Bung Tomo mengatakan daerahnya kaya akan potensi hasil laut terutama di Kepulauan Karimata  dengan ikan dan cumi kualitas super dan hal itu harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan nelayan.

"Potensi hasil laut di Kepulauan Karimata sangat melimpah, mulai dari ikan,  cumi,  gamat,  dan lain- lain. Itu semua bernilai ekspor yang selama ini menjadi sumber mata pencairan masyarakat setempat,” ujarnya saat dihubungi di Sukadana, KKU, Selasa.

Menurutnya ikan dan cumi  berkualitas super masih menjadi komoditi unggulan  yang diekspor melalui Jakarta dan Belitung  oleh penampung yang selama ini ada membeli hasil tangkapan masyarakat setempat.

"Ikan semerah,  cumi dengan kualitas super dan ikan mahal lainnya yang mana sebagian besar hasil tangkapan itu di bawa ke Belitung dan ke Jakarta untuk di ekspor keluar negeri,"jelasnya.

Selama ini  Pemda setempat menurutnya telah memberikan dukungan kepada masyarakat nelayan di daerah kepulauan  tersebut mulai dari bantuan  dan peningkatan  pengetahuan nelayan  meningkatkan hasil tangkapan dan pemasaran.

"Kendalanya adalah keterbatasan alat tangkap yang modern karena sebagian besar nelayan lokal menggunakan alat tangkap sederhana,"jelasnya.

Sebelumnya, Bupati Kayong Utara, Citra Duani bertekad untuk terus meningkatkan hasil tangkapan nelayan di wilayah perairan laut Kepulauan Karimata yang selama ini dimanfaatkan masyarakat luar sebagai andalan ekspor.

"Kami terus mendorong masuknya investor yang bisa menampung hasil tangkapan para nelayan yang ada di Kepulauan Karimata. Dengan harapan Kayong Utara mampu mengekspor sendiri hasil tangkapan laut seperti cumi atau sotong yang banyak terdapat di perairan laut Kepulauan Karimata," kata Citra Duani saat dihubungi di Pontianak, Selasa.

Ia mengatakan, untuk mendukung pencapaian itu, Pemkab Kayong Utara telah menggandeng berbagai pihak dalam meningkatkan kapasitas masyarakat nelayan lokal di Kepulauan Karimata itu.

"Masyarakat nelayan ini harus dibina dan didampingi untuk membuat kelompok nelayan kemudian akan dibantu alat penunjang dan kapal nelayan. Namun yang paling penting kita mengubah pola pikir masyarakat untuk meningkatkan hasil tangkapan laut ramah lingkungan maupun cara mengelola keuangan, sehingga setiap keluarga nelayan menjadi lebih sejahtera," katanya.

Wilayah Kepulauan Karimata terletak di perairan Selat Karimata Barat Daya Kalimantan, atau berjarak sekitar 180 kilometer dari Ibukota Kabupaten Kayong Utara di Sukadana. Wilayah itu banyak memiliki kekayaan laut dan keindahan panorama alam dan pantai yang sangat memikat.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021