Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, menyiapkan 300 dosis vaksin COVID-19 bagi masyarakat secara gratis yang menyasar vaksinasi bagi remaja usia 12-18 tahun yang saat ini serapannya masih rendah.

"Sebanyak 300 dosis vaksin COVID-19 tersebut juga menyasar remaja penyandang disabilitas dan anggota Keluarga IDI Cabang Rohul yang belum divaksin," kata Ketua IDI Rokan Hulu Dr Zuldi Afki kepada media di Rohul, Minggu.

Dia mengatakan, IDI Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), berkomitmen membantu Pemerintah melakukan percepatan program vaksinasi nasional di Kabupaten Rokan Hulu untuk mempercepat pembentukan kekebalan komunal dengan harapan dapat mengakhiri pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemerintah percepat pelaksanaan vaksinasi di pusat kegiatan ekonomi

Ia menyebutkan upaya percepatan vaksinasi COVID-19 yang dimotori oleh IDI Wilayah Riau ini akan dicanangkan Gubernur Riau, H Syamsuar untuk seluruh kabupaten/l dan kota se-Riau pada Minggu.

"Di Rohul, kegiatan percepatan vaksinasi oleh IDI digelar di Pondok Pesantren Khalid bin Walid Pasir Pengaraian dimana IDI Rohul bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul," ujar Zuldi.

Zuldi menambahkan, program percepatan vaksinasi COVID-19 akan dilakukan secara berkelanjutan hingga Desember 2021. IDI Cabang Rohul akan mempersiapkan tenaga vaksinator baru yang berasal dari IDI sendiri dan akan diikutkan dalam pelatihan vaksinator.

"Jadi kedepan program ini akan berlangsung secara berkelanjutan. IDI akan melakukan dua pola yakni pola aktif dimana IDI langsung mengunjungi sekolah untuk melakukan vaksinasi dan pasif dimana masyarakat dapat mendatangi sekretariat IDI untuk mendapatkan vaksin selama persediaan masih ada," kata Zuldi.

Baca juga: 5.740 orang Kubu Raya ikuti vaksinasi COVID-19 ke-2
Baca juga: Ketua TP PKK Kubu Raya ajak ibu menyusui agar ikut vaksinasi COVID-19
Baca juga: Forkopimda Kalbar tinjau pelaksanaan vaksinasi perkumpulan Merah Putih

Pewarta: Frislidia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021