Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-112 Solok terus berupaya mempercepat pemerataan pembangunan di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, Kabupaten Solok, Sumbar.

"Bentuk pembangunan yang diprogramkan untuk Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai melalui kerja sama dengan jajaran TNI kali ini ada yang fisik dan ada juga nonfisik," kata Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0309/Solok Kapten Inf. Kristian Napitupulu saat dikonfirmasi dari Solok, Sabtu.

Secara bertahap, kata dia, pengerjaan pembangunan di TMMD Solok terus diupayakan dan sudah masuk pada pekan terakhir jelang penutupan pada tanggal 14 Oktober 2021.

Selain itu, Kodim 0309/Solok selaku Satgas TMMD-112 telah menyusun rencana dengan melakukan pembangunan sarana fisik berupa pembukaan badan jalan usaha sepanjang 1.127 meter, pengecoran jalan sepanjang 250 meter, perbaikan irigasi, perbaikan lapangan sepak bola, dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH).

Satgas TMMD-112 juga memberikan penyuluhan dan sosialisasi wawasan kebangsaan, narkoba, program stanting, keamanan dan ketertiban masyarakat, pertanian dan peternakan, serta kesehatan masyarakat dan penyuluhan tentang hukum.

Kristian mengatakan bahwa pembangunan di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai selesai sesuai dengan target waktu.

"Hasilnya nanti akan diserahkan kembali ke pemerintah sebagai bentuk pertanggungjawaban pekerjaan yang sudah dilaksanakan," ujarnya.

Selain itu, dia juga memastikan seluruh sasaran akan mencapai target sesuai dengan batas waktu, kemudian pihaknya menyerahkan kembali kepada pihak pemerintah daerah.

Di samping itu, Dansatgas Letkol Arm Reno Triambodo mengharapkan infrastruktur itu bermanfaat bagi warga sekitar dan menjaganya dengan baik.

"Lokasi TMMD-112 Kodim 0309/Solok di Kecamatan X Koto Singkarak tersebar di Nagari Koto Sani dan Nagari Tanjung Alai, sementara untuk sasaran prioritas berada di Nagari Koto Sani pembukaan badan jalan usaha tani guna meningkatkan ekonomi masyarakat setempat," ucap Reno.

Menurut dia, hal itu merupakan program prioritas pemerintah daerah untuk akselerasi pembangunan daerah.

"Kami sebagai Satgas TMMD-112 membantu pemerintah daerah untuk membuka akses tersebut sehingga infrastruktur ini dapat benar-benar bermanfaat bagi warga," ucapnya lagi.
 

Pewarta: Laila Syafarud

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021