Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggandeng Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur meluncurkan mobil vaksinasi untuk menjangkau masyarakat dari pintu ke pintu, khususnya kepada kelompok rentan.

Wakil Ketua Umum Bidang Kelautan dan Perikanan Kadin Indonesia Joseph Pangalila di Gresik, Sabtu, mengatakan mobil vaksinasi yang diluncurkan, termasuk program Perang Melawan Pandemi.

"Kami juga ada rumah oksigen (oksigen tabung, red.), oksigen cair generator, untuk membantu pemerintah dalam menuntaskan pandemi," kata dia kepada wartawan.

Ia berharap, dengan program mobil vaksinasi yang berfungsi "jemput bola" kelompok rentan, akan semakin banyak warga tervaksin, dan membantu pemerintah mempercepat kekebalan komunal.

"Ini merupakan respons positif bersama Bupati Gresik, Kadin Indonesia, Kadin Jatim, dan Kadin Gresik, untuk meningkatkan program vaksinasi dan membantu membentuk kekebalan komunal agar segera tercapai," katanya.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan program ini merupakan sinergi bersama menjadi satu langkah untuk menuju percepatan vaksinasi.

"Dengan mobil ini, kami akan melakukan vaksinasi masif dari pintu ke pintu rumah warga. Bersama Dinas Kesehatan vaksinasi ke rumah warga, agar terjadi akselerasi percepatan vaksin," kata Gus Yani, sapaan akrabnya.

Keberadaan mobil vaksinasi akan menyasar 16 kecamatan, yang berada di wilayah daratan, dua berada di Pulau Bawean. Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak Pulau Bawean.

"Sasarannya nanti adalah lansia, ibu hamil, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan difabel. Empat komponen harus dilayani sampai di rumah," kata dia.

Gus Yani mengatakan pada dosis pertama di Gresik sudah mencapai 72 persen dan vaksinasi lansia sudah 39 persen.

Dia mengharapkan kolaborasi dengan mobil vaksinasi ini bisa menurunkan level Gresik sesuai Inmendagri yang saat ini sedang ada di level 3 dan asesmen kesehatan Gresik masuk level 1.

Dalam acara peluncuran itu, juga digelar vaksinasi kepada masyarakat di halaman Pemkab Gresik kemudian pemberian sembako dari Kadin Indonesia.

Mobil layanan vaksinasi merupakan mobil Toyota Kijang Innova dengan diberi stiker vaksinasi dan akan disebar di setiap kecamatan, kemudian keliling setiap hari ke masing-masing desa, dengan total 18 mobil.



 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021