Bupati Murung Raya Provinisi Kalimantan Tengah (Kalteng) Perdie M Yoseph menyempatkan diri berwisata ke Danau Sentarum saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat.

Perdie M Yoseph yang saat itu didampingi Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, mengaku takjub dengan panorama alam yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum. Menurut dia, keindahan alam di Danau Sentarum merupakan nikmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan patut di syukuri.

“Selama ini saya hanya mendengar wisata Danau Sentarum dari pemberitaan saja, setelah saya melihat langsung Danau Sentarum begitu indah, pengembangan wisata Danau Sentraum itu tidak boleh hanya lokal saja, namun harus mendunia,” kata Perdie M Yoseph, ketika berada di wisata Danau Sentarum Kecamatan Batang Lupar wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Kamis.

Ia juga mengatakan Danau Sentarum dapat menjadi referensi bagi penggemar travelling, sebab menurut Perdie, di Danau Sentarum itu ada suasana khusus, dengan suasana alam yang memberikan ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk suasana di perkotaan.

“Kita bisa menikmati pemandangan menakjubkan dari Pulau Sepandan, kita bisa melihat seluas mata memandang yang dikelilingi perbukitan, cocok juga untuk yang ingin berbulan madu,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan dirinya sengaja mengajak Bupati Murung Raya berserta rombongan untuk mengunjungi wisata Danau Sentaraum, selain untuk mengisi rangkaian kunjungan kerja Bupati Murung Raya, juga untuk mempromosikan potensi wisata Danau Sentarum.

Fransiskus merekomendasikan untuk para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Sepandan, termasuk Bupati Murung Raya bersama rombongan juga menikmati panorama Danau Sentarum dari Pulau Sepandan.

“Kita bisa menikmati keindahan Danau Sentarum dari Pulau Sepandan, itu saya rekomendasikan juga untuk wisatawan yang ingin berlibur bersama keluarga, tetapi harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Fransiskus.

Dalam kesempatan tersebut, tampak juga Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, yang turut serta bersama rombongan mengunjungi wisata Danau Sentarum, yang secara bersamaan, pria berbintang satu di bahunya itu juga melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Saat di Danau Sentarum, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengajak Bupati Murung Raya bersama rombongan menelusuri ombak kecil Danau Sentarum menggunakan kapal motor yang telah di desain khusus untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di Danau Sentarum.

Danau Sentarum merupakan destinasi wisata yang telah masuk dalam kalender nasional, untuk memprmosikan wisata yang telah mendunia itu, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu beberapa tahun terakhir rutin menyelenggarakan Festival Danau Sentarum, namun sejak Tahun 2020 Festival Danau Sentarum itu tidak bisa dilaksanakan karena pandemi COVID-19.

Selain memiliki berbagai spesias ikan air tawar, Danau Sentarum juga merupakan habitat ikan Arwana merah (super red), di kawasan Danau Sentarum itu merupakan pusat produksi madu hutan yang berkualitas dan sudah dikenal mendunia.

Baca juga: Bupati Murung Raya temui Ketua DPW PPP Kalbar di Kapuas Hulu
Baca juga: Bupati Murung Raya Kalteng bahas batas wilayah di Kapuas Hulu Kalbar
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021