Personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti Pos Panga mengajak para pemuda perbatasan untuk mau terlibat dalam kegiatan gotong royong seperti yang dilakukan di Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

"Gotong royong adalah salah satu peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kepentingan umum terutama terkait dengan pembangunan, kebersihan lingkungan dan lainnya," kata Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Sanggau, Minggu.

Dia mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan menumbuhkan rasa kebersamaan antara Satgas Pamtas dengan masyarakat sehingga terbentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat yang ada di perbatasan.

“Partisipasi Satgas Pamtas dalam kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan kecintaan terhadap masyarakat perbatasan, sekaligus juga menanamkan semangat gotong royong,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Danpos Panga Letda (Inf) Yopi Prasetyo mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns dalam menjaga kebersihan lingkungan serta untuk mempererat silahturahim antara personel Satgas Pamtas dengan pemuda setempat.

“Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang selalu harus kita latihkan untuk memiliki jiwa sosial yang tinggi peduli terhadap lingkungan sehingga ke depan dapat selalu melestarikan lingkungan dimanapun mereka berada,” ujar Danpos

Dalam kesempatan yang sama, Hendriwan selaku pemuda di Dusun Semeng mengucapkan banyak terima kasih atas keaktifan personel Pos Panga dalam pembinaan pemuda di Dusun Semeng ini, sehingga mereka memiliki jiwa sosial untuk dapat melestarikan lingkungan sekitar.

"Semoga dengan pengarahan dan pembelajaran abang-abang di Pos Panga dapat menjadikan pengalaman dan ladang ilmu bagi kami dalam menyongsong masa depan,” ujar Hendriwan.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021