Pramuka Kapuas Hulu mengirimkan personil Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu Basarnas Sintang dalam penanganan banjir besar yang terjadi di wilayah Sintang Kalimantan Barat.

"Kami menindaklanjuti surat Basarnas yang memerlukan bantuan untuk penanggulangan banjir di Sintang, baik membantu evakuasi dan kegiatan sosial lainnya," kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Disampaikan Wahyudi, TRC Pramuka Kapuas Hulu ada 10 personil yang diturunkan dilengkapi dengan perlengkapan dengan harapan dapat membantu tim Basarnas di Sintang.

Menurut dia, TRC juga mendapatkan bantuan dari Kodim 1206 Putussibau, seperti satu unit truk dan dua unit body LCR dengan mesin speed termasuk peralatan pelampung dan dayung.

"Kodim 1206 Putussibau juga siap menurunkan personilnya (TNI) secara khusus, yaitu dua orang motoris dan satu sopir truk jika diperlukan," ucap Wahyudi.

Ia mengatakan Pramuka Kapuas Hulu siap bersinergi dengan semua pihak untuk kegiatan kemanusiaan.

"Kita bersinergi dengan semua pihak baik itu TNI, Polri, pemerintah dan pemuda di Kapuas Hulu serta semua pihak secara bergandengan tangan untuk aksi kemanusiaan," kata Wahyudi.

Banjir yang terjadi di Sintang merupakan banjir terbesar setelah 50 tahun terakhir, sejak dua pekan terakhir banjir di Sintang wilayah Kalimantan Barat tersebut masih merendam ribuan rumah penduduk dan fasilitas umum lainnya.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021