Musyawarah Wilayah VIII MW Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dan Forum Alumni HMI Wati (FORHATI) Kalimantan Barat secara resmi dibuka dan agenda lima tahunan alumni hijau tersebut menjadi momentum untuk meneguhkan peran untuk umat dan bangsa.

"Bersyukur hari ini Muswil VIII MW KAHMI dan FORHATI IV Kalbar resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal MN KAHMI, Manimbang Kahariady. Sebagaimana tema bahwa agenda ini momentum untuk meneguhkan peran strategis KAHMI dalam merawat bangsa menuju Indonesia sejahtera," ujar Ketua MW KAHMI Kalbar, M. Yusup saat memberikan sambutan dalam pembukaan di Kubu Raya, Sabtu.

Baca juga: KAHMI Kalbar siap gelar Muswil VIII di Kubu Raya

Ia menjelaskan bahwa visi besar KAHMI sendiri sebagai lanjutan dari visi HMI yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Tentu dengan peran dan kapasitas kadar bisa memberikan kontribusi atas visi besar tersebut.

"Tentu visa besar ini tidak bisa diwujudkan dalam satu periode atau berapa pun. Namun bagaimanapun terus lah berkontribusi mewujudkannya," kata dia.

Terkait HMI dan KAHMI menurutnya bahwa ketika masuk HMI adalah pilihan. Sedangkan sebagai KAHMI merupakan takdir.

Baca juga: M Isnaini siap maju di Muswil KAHMI Kalbar, usung visi kemandirian warga KAHMI

Ia juga menyoroti soal ekstensi KAHMI yang tidak terlepas peran dari keanggotaan yang harus dilakukan HMI.

Untuk itu ia mendorong semua kader KAHMI membantu dan membina agar terus terjadi kaderisasi.

"KAHMI air di hilir. Untuk tetap mengalir deras, lancar dan tanpa terkontaminasi pastikan di hulunya mengalir. Artinya HMI terus melakukan pengkaderan dan KAHMI penting membantu adik - adik HMI," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal MN KAHMI, Manimbang Kahariady saat memberikan sambutan sebelum membuka Muswil mengatakan bahwa agenda yang dilakukan harus menjadi perhatian bukan hanya sekedar siklus organisasi namun kesempatan untuk mengevaluasi visi besar.

Baca juga: KAHMI Sintang berharap kunjungan presiden wujudkan Kapuas Raya

"Visi besar KAHMI melanjutkan visi HMI yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah SWT. Ini penting menjadi perhatian kita bersama," jelas dia.

Terkait peran KAHMI menurutnya sudah tidak terbantahkan bahwa sebagai distributor pemimpin terlengkap di Indonesia. Semua lini hadir kader KAHMI dengan perannya.

"Sejak HMI kader sudah terdoktrin sebagai pemimpin dan didik menjadi pemimpin yang memiliki kapasitas dan bisa menjadi abdi bangsa. Selain itu kader ini juga ditekankan sebagai kader umat dan bangsa. Di situ lah kekuatan kita yang mesti terus dilanjutkan," katanya.

Baca juga: KAHMI Kalbar gelar vaksinasi massal pada Rabu.
Baca juga: KAHMI Kalbar gelar donor darah berhadiah beras 5 kg

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021