Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak relawan Kampung Baca Tanjung Saleh (Tansal) dan Kampung Digital Gradasi untuk terus menggencarkan literasi bagi anak-anak di Tanjung Saleh yang mampu meningkatkan minat baca dan keterampilan anak.

"Selamat ulang tahun ke 4 untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Kampung Baca Tansal, dan kepada para relawan juga saya mengapresiasi perjuangan mereka selama ini, karena meski tidak dibayar, mereka sanggup dan mau untuk berkontribusi meningkatkan literasi anak-anak di sana," kata Muda saat memberikan sambutan pada kegiatan peringatan HUT ke-4 Kampung Baca Tansal dan pembentukan Kampung Digital Gradasi Kubu Raya di Desa Tanjung Saleh, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Minggu.

Muda menambahkan, keberadaan Kampung Baca Tansal dan Kampung Digital Gradasi Kubu Raya di Tanjung Saleh menjadi bentuk semangat Kepong Bakol (gotong royong) dalam menjalankan berbagai program pemerintahan, khususnya di sektor literasi dan digitalisasi.

Menurut Muda, Kampung Baca Tansal dan Kampung Digital Gradasi bisa berperan dalam banyak sektor, tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga, pariwisata, UMKM, dan sebagai salah satu wadah pencegah menyebarnya informasi hoaks di tengah masyarakat yang muda terpapar di era digitalisasi ini.

"Untuk itu, Pemkab Kubu Raya menyambut baik kehadiran Kampung baca Tansal dan Kampung Digital Gradasi ini diharapkan untuk bisa bergerak bersama dalam mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Tanjung Saleh Muslimin mengatakan pihaknya akan mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh para relawan Kampung Banca Tansal dan pengurus Kampung Digital Gradasi di desa itu.

"Bisa kita lihat sendiri dalam panggung gembira peringatan HUT ke-4 Kampung Baca Tansal dan Pembentukan Kampung Digital Gradasi ini, anak-anak Tanjung Saleh berani tampil membawakan puisi, bercerita, bernyanyi, memainkan Tundang (kesenian khas Melayu Kalbar) dan bisa berkreasi di usia mereka yang masing anak-anak," kata Muslimin.

Sementara itu, Ketua pengurus Kampung Baca Tansal, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya para relawan yang telah berjuang bersama sehingga Kampung Baca Tansal bisa bertahan hingga di usianya empat tahun.

"Muda-mudahan tahun berikutnya semakin banyak kegiatan literasi yang bisa kita lakukan di sini, apa lagi kita selalu didukung oleh Forum TBM Kalimantan Barat, Himpunan Mahasiswa Psikologi IAIN Pontianak, Kumpulan Bekesah dan sejumlah relawan dari komunitas literasi lainnya," kata Badariah.

Dirinya juga berharap, dengan keberadaan Kampung Digital Gradasi di Kampung Baca Tansal bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

Ketua DPC Gradasi Kubu Raya, Rendra Oxtora juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program literasi digital dan peningkatan keterampilan masyarakat di Tanjung Saleh melalui Kampung Digital Gradasi.

"Kita akan segera menyesuaikan program yang ada, dengan apa yang dibutuhkan masyarakat dan sesuai potensi yang ada di desa ini, sehingga program literasi dan pemberdayaan yang kita berikan bisa benar-benar dirasakan manfaatnya untuk masyarakat di sini," kata Rendra.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021