Pemuda Islam di Kecamatan Embaloh Hulu daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat turut serta bersama TNI-Polri berikan pengamanan ibadah Natal di Gereja Katolik Santo Martinus wilayah setempat.

"Pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Santo Martinus berjalan aman dan lancar, selain anggota TNI, Polri, kami juga dibantu tenaga kesehatan dan pemuda Islam," kata Kapolsek Embaloh Hulu Iptu Rajiman,  usai memberikan pengamanan Natal, di Gereja Santo Martinus Embaloh Hulu Kapuas Hulu, Sabtu.

Disampaikan Rajiman, pelaksanaan ibadah atau misa Natal di gereja menerapkan protokol kesehatan, selain memakai masker umat Katolik yang beribadah melakukan cuci tangan serta menjaga jarak saat duduk dalam gereja.

Menurut dia, kehadiran pemuda Islam yang turut serta membantu pengamanan ibadah Natal memberikan warna baru, sikap toleransi serta saling peduli terhadap lingkungan demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Rasa toleransi dan rasa kekeluargaan seperti itu harus tetap kita jaga bersama, kita saling menghargai satu dengan yang lainnya menunjukkan kerukunan dalam umat beragama," ucap Rajiman.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi mengatakan secara keseluruhan ibadah Natal di wilayah Kapuas Hulu berjalan aman dan lancar.

Dikatakan Wedy, untuk pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru Polres Kapuas Hulu juga telah mendirikan pos pengamanan dan pelayanan di berbagai titik tersebar di wilayah Kapuas Hulu.

"Pengamanan Natal dan Tahun Baru tersebut melibatkan berbagai instansi terkait seperti TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Sat Pol PP Kapuas Hulu dan sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya, yang tergabung dalam Operasi Lilin Kapuas Tahun 2021," jelas Wedy.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan agar terhindar atau tidak terjadi kluster sebaran COVID-19, terlebih lagi adanya varian Omicron.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021