Menutup akhir tahun 2021, pengguna kendaraan listrik di Kota Pontianak dan sekitarnya akan dimudahkan dengan hadirnya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan parkir Mall Gaia. Kehadiran SPKLU ini untuk memudahkan para pengguna kendaraan listrik dalam melakukan pengisian baterai untuk kendaraan listrik yang digunakan.  

SPKLU pertama yang hadir di Kalimantan Barat ini diresmikan oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, didampingi oleh EVP Perencanaan dan Pengendalian PLN Regional Sumatera dan Kalimantan, Supriyadi, Direktur Operasional Mall Gaia, Stephen Swandono, General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, serta Kabid Ketenagalistrikan dan Pengelolaan Energi Dinas Perindag dan ESDM Kalbar, Rudy Hadianto. Acara peresmian dilaksanakan di d'colony lobby Mall Gaia, Kabupaten Kubu Raya, pada Jum'at (31/12) siang.

Baca juga: PLN resmi operasikan dua proyek kelistrikan di Kalimantan Selatan

Menurut Executive Vice President Perencanaan dan Pengendalian PLN Regional Sumatera dan Kalimantan, Supriyadi, kehadiran SPKLU ini merupakan wujud komitmen PLN dalam mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang telah  dicanangkan oleh pemerintah beberapa waktu yang lalu.

"Kehadiran SPKLU ini bertujuan untuk dapat melakukan diseminasi program-program Pemerintah Pusat dan Daerah maupun para pemangku kepentingan terkait dalam mendukung pelaksanaan Perpres nomor 55 tahun 2019, tentang percepatan program KBLBB untuk transportasi jalan," ungkap Supriyadi.

Menurutnya, hingga saat ini PLN telah mengoperasikan lebih dari 20 unit SPKLU yang tersebar diberbagai lokasi strategis diseluruh Indonesia.
 
Peresmian dilaksanakan di d'colony lobby Mall Gaia, Kabupaten Kubu Raya, (ANTARA/Ho-PLN)



"SPKLU yang akan segera kita resmikan penggunaannya ini merupakan yang pertama  di Kalbar, dan pada tahun 2022 mendatang kami merencanakan akan menambah satu SPKLU lagi yang akan kami tempatkan di halaman kantor PLN UP3 Singkawang," jelas Supriyadi.

Ia juga menyebutkan bahwa dalam rangka pengembangan SPKLU, PLN telah meluncurkan platform digital 'charge IN' yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sebagai operating system yang diharapkan menjadi platform tunggal untuk seluruh SPKLU di Indonesia.

"Untuk seluruh transaksi pengisian baterai di SPKLU, pengguna kendaraan listrik tidak perlu repot menyiapkan uang tunai, semua transaksi dapat dilakukan lewat aplikasi charge IN, yang penting saldo LinkAja yang dimiliki masih ada," imbuh Supriyadi.

Teknologi Tinggi dengan Memanfaatkan Energi Bersih

Sementara itu, Direktur Operasional Mall Gaia, Stephen Swandono, mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga dapat bekerja sama dengan PLN dalam membangun SPKLU di kawasan mall Gaia.

Baca juga: Dukung KTT G20 di Bali, PLN bangun 21 SPKLU untuk mobil listrik

"Kami ingin Mall Gaia menjadi mall yang modern dan terbesar di Kalbar. Menggunakan teknologi tinggi dengan memanfaatkan energi bersih. Saya berharap kedepannya dapat terus mendukung program kendaraan listrik ini dengan meningkatkan kapasitas SPKLU yang lebih banyak lagi di kawasan Mall Gaia," imbuh Stephen.

Senada, Hendri Saputra atau yang akrab dipanggil Along, salah satu pemilik mobil listrik di Kota Pontianak mengaku sangat bersyukur dengan adanya SPKLU di Mall Gaia ini.  

"Saya berterimakasih kepada PLN Kalbar yang telah mewujudkan impian saya untuk dapat melakukan pengisian baterai listrik sambil bersantai di Mall Gaia. Saya berharap semakin banyak SPKLU dibangun terutama dilokasi-lokasi strategis, sehingga semakin banyak yang berminat untuk memiliki kendaraan listrik," tutur Along.

Menurutnya, menggunakan kendaraan listrik ini sangat efisien dan efektif. Pengeluaran bulanan dapat ditekan. Selanjutnya Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu-ragu untuk segera membeli kendaraan listrik.
 
Peresmian dilaksanakan di d'colony lobby Mall Gaia, Kabupaten Kubu Raya, (ANTARA/Ho-PLN)


Dukungan Pemerintah Daerah Terhadap Pengembangan SPKLU

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, menegaskan bahwa pihaknya terus mendukung upaya PLN dalam meningkatkan penggunaan energi bersih. Mengajak masyarakat dalam memanfaatkan listrik secara optimal untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak.

"Hari ini adalah momen khusus untuk menandai  memanfaatkan energi bersih dimasa yang akan datang. Keberadaan SPKLU di mall Gaia ini tentunya akan berdampak positif bagi masyarakat untuk lebih memahami betapa pentingnya memanfaatkan listrik dalam berkendara, karena banyak warga yang berkunjung ke Mall Gaia setiap harinya," ujar Muda.

Bupati Muda berkomitmen untuk terus mendukung langkah-langkah yang diambil PLN dalam meningkatkan   penggunaan energi bersih melalui program Electrifying Lifestyle maupun Electrying Vehicle ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

"SPKLU yang kita resmikan hari ini akan menjadi peluang usaha yang baru yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, karena kedepannya akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik," pungkas Muda.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021