Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Odang Prasetyo mengatakan pada puncak arus balik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di kabupaten itu terlihat landai dan tidak terjadi overload penumpang baik untuk angkutan darat, laut dan udara.

"Dari hasil pantauan kita pada puncak arus balik Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang diperkirakan terjadi hari ini, terlihat landai. Hal ini berdasarkan pantauan kita di lima pos pemantauan kegiatan masyarakat yang kita bentuk bersama Dishub Kalbar dan pihak terkait lainnya," kata Odang di Sungai Raya, Minggu.

Odang menjelaskan, sama seperti tahun 2020, aktivitas masyarakat saat Natal dan Tahun Baru masih terlihat lenggang.

Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat sudah sangat baik, dalam menjalankan imbauan pemerintah untuk tidak berkerumun saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Demikian saat arus balik yang diperkirakan pada hari ini.

"Untuk itu kami menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat yang telah mengindahkan imbauan pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas kerumunan saat perayaan Natal dan Tahun Baru di Kubu Raya," tuturnya.

Menurut Odang, saat perayaan malam tahun baru, pihaknya juga tidak melihat adanya masyarakat yang melakukan konvoi kendaraan dan kerumunan di Kubu Raya.

Umumnya, kata Odang, masyarakat merayakan malam pergantian tahun hanya dengan keluarga di rumah dan hal itu masih bisa dimaklumi.

"Untuk kenaikan penumpang angkutan darat, laut dan udara juga tidak sampai 10 persen," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022