Kepala Bidang Lalu Lintas Dan Angkutan Dinas Perhubungan Kayong Utara, Kalimantan Barat, Wardana menyebutkan bahwa tercatat sekitar 5.000-an penumpang yang menggunakan mode transportasi air melalui Pelabuhan Teluk Batang Kayong Utara selama hari libur Natal dan Tahun Baru.

"Dari jumlah tersebut sebanyak 2.907 orang berangkat melalui Pelabuhan Teluk Batang sejak tanggal 24 Desember 2021 hingga 02 Januari 2022. Sedangkan arus datang tercatat oleh UPT Pelabuhan Sungai Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara mencapai 3.026 orang," ujarnya saat dihubungi di Sukadana, Senin.

Baca juga: Pengunjung padati Pantai Pulau Datok Kayong Utara saat libur

Ia menjelaskan meski momen Natal dan Tahun Baru ada peningkatan arus penumpang namun tidak signifikan.

"Kalau dilihat pada 24 Desember 2021 dan 2 Januari 2021 saja yang ada lonjakan. Kemungkinan karena libur hari sekolah dan hari masuk kerja saja," kata dia.

Menurutnya pada musim libur natal dan tahun baru di Kayong Utara angka kecelakaan untuk mode transportasi air nihil atau zero excident. Hal itu dikarenakan pihaknya telah memperketat aturan pelayaran kepada pemilik armada angkutan sehingga bisa minimalisir angka kecelakaan.

Baca juga: Gara-gara kartu, 186 pengunjung Pantai Pulau Datok KKU vaksinasi di tempat

"Terkait laka transportasi umum Alhamdulilah nihil. Sedari jauh hari sudah kita pantau dan evaluasi kesiapan dan kelengkapan sarana keselamatan mau pun penunjang kapal. Di antaranya pelampung atau jaket keselamatan, radio komunikasi, perizinan, lisensi Nahkoda dan ABK, dan lainnya guna memberikan rasa aman dan menjamin keselamatan penumpang," jelasnya.

Selain itu juga, pihaknya telah menekankan untuk setiap pemilik armada angkutan untuk menerapkan protokol kesehatan selama berlayar sesuai dengan aturan dari pemerintah yang berlaku.

"Terkait COVID- 19, armada transportasi Alhamdulilah sudah memaksimalkan upaya penerapan protokol kesehatan. Dan sudah sangat mematuhi instruksi Bupati Kayong Utara dan Edaran Kepala Dinas Perhubungan Kayong Utara terkait penerapan layanan untuk penumpang," tambahnya.



 

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022