Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat, gencar mensosialisasikan vaksinasi COVID-19 di sejumlah daerah di Provinsi Kalbar menggunakan bahasa kearifan lokal agar mudah dimengerti oleh masyarakat, kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Dirmanto.

"Sebenarnya sosialisasi yang kami lakukan dengan menggunakan kearifan lokal tidak hanya saat sosialisasi vaksinasi COVID-19, seperti yang viral di media sosial di Kota Singkawang dengan menggunakan bahasa Tionghoa," kata Dirmanto saat dihubungi di Pontianak, Kamis malam.

Dia menjelaskan, selama ini Polri dan Polda Kalbar umumnya terus berupaya memberikan berbagai sosialisasi terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan bahasa yang mudah dimengerti warga atau masyarakat, salah satunya menggunakan bahasa Tionghoa yang dilakukan oleh seorang anggota Polwan Polres Singkawang.

"Sehingga tidak menutup kemungkinan anggota kami menggunakan bahasa kearifan lokal lainnya, seperti bahasa Melayu, Dayak, Tionghoa dan bahasa daerah lainnya dalam mensosialisasikan Kamtibmas dan termasuk sosialisasi vaksinasi COVID-19 pada masyarakat," ungkapnya.

Dia menambahkan, apa yang dilakukan itu, agar masyarakat mudah dalam memahami yang informasikan, termasuk imbauan agar masyarakat ikut mensukseskan program sosialisasi COVID-19 dalam menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

Sementara itu, viral di media sosial seorang anggota Polwan Polres Singkawang sedang mensosialisasikan program vaksinasi COVID-19 di Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, menggunakan bahasa Tionghoa, karena di wilayah itu sebagian besar dihuni oleh warga etnis Tionghoa.

Anggota Polres Singkawang dalam sosialisasi vaksinasi menggunakan bahasa Tionghoa agar mudah dimengerti oleh masyarakat sehingga kesadaran untuk divaksinasi COVID-19 juga semakin meningkat.

Belakangan anggota Polwan Polres Singkawang tersebut diketahui berdarah campuran Tionghoa dan Jawa. Dimana ibunya seorang keturunan Tionghoa sedangkan ayahnya keturunan Jawa.  

 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022