Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo berharap keberadaan Mall Rakyat yang berada di Desa Durian, Kecamatan Sungai Raya bisa menjadi pusat perputaran ekonomi masyarakat di kecamatan Sungai Ambawang dan sekitarnya.

"Saya harap pasar tradisional Mall Rakyat di Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang ini bisa menjadi magnet perputaran ekonomi masyarakat, sehingga pelaku usaha di Kubu Raya bisa terus tumbuh," kata Sujiwo di Sungai Ambawang, Selasa.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dukung TPAKD tumbuhkan ekonomi masyarakat

Untuk itu, dia mengingatkan dengan keberadaan pasar yang baru diresmikan tersebut bisa dijaga kebersihan dan kenyamanan sehingga mengundang konsumen untuk datang dan berbelanja. 

Keberadaan pasar yang dibangun pengembang properti Mitra Sejahtera Group ini diyakini Sujiwo dapat mendongkrak ekonomi masyarakat Desa Durian. 

Baca juga: Wakil Bupati Sintang minta kades fokus pemberdayaan ekonomi masyarakat

"Pertama, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berterima kasih ke pihak Kencana Properti atas di bangunnya Mall Rakyat yang jelas memberikan efek domino yang besar bagi masyarakat. Masyarakat yang menanam sayur dan buah tentu bisa menjual hasil panen nya di sini dan ibu-ibunya tidak perlu ke kota lagi untuk belanja," katanya. 

Kemudian, semua yang punya lapak harus punya rasa memiliki terhadap pasar ini, terutama menjaga kebersihannya.

Baca juga: Masyarakat diajak menjaga kebersihan sungai agar bernilai ekonomis

Sujiwo menilai, letak pasar ini cukup representatif karena berada di dekat pemukiman warga. Ia pun optimis pasar ini dapat terjaga keberlanjutan karena diprediksi akan selalu ramai dikunjungi pembeli.  

"Lokasi Mall Rakyat ini sangat strategis karena penduduk di sini cukup ramai. Saya optimis, selama dikelola dengan baik, dijaga kebersihannya, parkir tidak semrawut, dan seterusnya, maka pasar ini berfungsi sebagaimana mestinya dan Insyallah akan sustainable (berkelanjutan)," tuturnya. 

Baca juga: PLN kembangkan 104 desa wisata dukung peningkatan ekonomi masyarakat

Di kesempatan tersebut, Wabup Sujiwo turut mengajak masyarakat setempat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional ini. Menurutnya, berbelanja di pasar tradisional memiliki banyak keuntungan, seperti harga yang lebih murah, produk yang lebih segar, dan barang yang lebih lengkap. 

"Mumpung di sini sudah ada pasar, jadi jangan jauh-jauh lagi belanja ke supermarket, cukup belanja di sini saja, apalagi di sini nanti harganya pasti bisa ditawar. Tinggal nego-nego nanti dengan pedagang," kata Sujiwo.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022