Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar memberikan penghargaan kepada kelompok penerima manfaat dari program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang mampu memberikan kinerja terbaiknya sehingga layak mendapat alat pengolah  tanah sederhana (kultivator).

"Hari Senin 4 April 2022  saya mewakili Kadisket Pangan Provinsi Kalbar menyerahkan 6 unit   kultivator untuk 6 kelompok Tani/ KWT dari Kota Singkawang, Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.  Ini merupakan penyerahan tahap pertama dari 30 unit Kultivator  yang disediakan untuk  Kelompok tani /Kelompok Wanita Tani  penerima manfaat program P2L tahun 2020 dan 2021," ujar Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas  Ketahanan  Pangan Kalbar, Herdawati.

Ia menjelaskan bahwa pemberian yang ada sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi dari pemerintah provinsi Kalbar kepada kelompok yang serius dan mampu mengembangkan,  memanfaatkan pekarangan dengan baik.

"Diatrgetkan pada minggu kedua bulan April 2022 kultivator tersebut sudah terdistribusi ke  kelompok Tani/KWT  di 11 Kabupaten lainnya," kata dia.

Selanjutnya disampaikan bahwa pengadaan alat ini dilakukan secara e - Katalog oleh Disket Pangan Kalbar.

Kegiatan pemberdayaan Pekarangan melalui P2L sejalan dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan. Aturan itu mengamanatkan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal guna mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Tujuannya  untuk mendukung ketahanan pangan melalui  ketersediaan, aksebilitas dan pemanfaatan pangan upaya penganekaragaman pangan sebagaimana disebutkan dalam Pasal 26 pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2015  tentang ketahanan pangan dan gizi, salah satunya dapat melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan.

"Kegiatan P2L  juga merupakan bentuk intervensi pemerintah dalam  penanganan stunting dan/atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan melalui  pemantapan daerah tahan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah tangga  dalam penyediaan bahan pangan dari umbi- umbian, sayuran dan sumber protein lainnya," kata dia

Pewarta: Dedi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022