Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kalimantan Barat, sangat gencar menggalakkan keberadaan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dengan mendatangi Kampung-kampung KB dan memberikan motivasi kepada Organisasi Perangkat Daerah Keluarga Berencana (OPDKB), pengelola Rumah Data Kependudukan dan pengurus Kampung KB di setiap kabupaten/kota di Kalbar.

"Seperti yang kami lakukan di Desa Sukabangun Dalam Kecamatan Delta Pawang, Ketapang ini, selain motivasi, di kegiatan itu kami juga memberikan pelatihan kepada Kelompok Kerja (Pokja) Dashat. Dimana Pokja Dashat ini merupakan Pokja terbawah yang mengelola Kampung KB. Melalui sosialisasi, pelatihan dan motivasi yang kami berikan itu di harapkan Dashat di Kampung KB dapat lebih berperan mempercepat penurunan stunting," kata  Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk) BKKBN Kalbar, Gugus Suprayitno di Ketapang, Kamis.

Gugus menjelaskan, keberadaan Dashat di Kampung KB dapat dikelola oleh para pengurus Kampung KB, untuk menyiapkan makanan sehat dan memberikan makanan sehat itu kepada masyarakat, terutama kepada masyarakat yang rentang stunting.

"Para pengelola Kampung KB di Dashat bisa mengelola makanan sehat dengan bahan makanannya yang ada di sekitarnya. Seperti di Desa Sukabangun Dalam, umumnya daerah Ketapang ini kaya akan potensi ikan karena daerah ini dekat dengan laut dan sungai," ujarnya.

Gugus mengatakan, dalam setiap kali pertemuan bersama OPDKB, pengelola Rumah Data Kependudukan dan pengurus Kampung KB di setiap daerah kabupaten/kota, Koordinator Dalduk BKKBN Kalbar selalu mengingatkan untuk mendorong masyarakat merubah pola pikir (mindset) dalam memenuhi gizi .

"Contohnya, mungkin para nelayan disini dapat ikan hasil tangkapan di laut. Biasanya selain dijual, ikan itu tidak untuk makan sendiri akan tetapi dibuat ikan asin. Setelah menjadi ikan asin baru di konsumsi, memang baik tapi gizinya sudah rendah. Seharusnya ikan-ikan masih segar bergizi itu ada yang disisihkan untuk konsumsi keluarganya masing-masing," ucap Gugus.

Jadi ujarnya menambahkan, keberadaan Dapur Sehat Atasi Stunting ini sangat vital peranannya. 

"Untuk itu kami bersama pihak-pihak terkait lainnya akan selalu gencar mendatangi serta memberi motivasi agar, Dashat bisa terus berperan membantu mempercepat menurunkan stunting dengan menyediakan makanan-makanan bergizi," tutup Gugus.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022