Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya menyalurkan bantuan berupa stimulan kepada Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di semua kecamatan di kabupaten setempat.

"Penyerahan bantuan stimulan ini diharapkan bisa mendorong semua majelis taklim yang tersebar di sembilan kecamatan ini untuk bisa menopang pengembangannya," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Selasa.

Muda menjelaskan program stimulan yang diprogramkan sejak dulu itu bertujuan agar setiap majelis taklim yang tergabung dalam BKMT ini terdata oleh pemerintah.

Jika tidak terdata maka masyarakat yang punya kumpulan tidak tercatat aktivitasnya dan ini melupakan bentuk pembiaran dari pemerintah.

Muda menuturkan dengan diterapkan sistem informasi berbasis data geospasial ini, semua aktivitas masyarakat termasuk BKMT ini sudah tercatat secara pasal oleh Pemerintah Kubu Raya.

"Dengan sistem data berbasis geospasial ini semua yang berkaitan dengan BKMT di Kubu Raya itu terdata, mulai dari nama BKMT, anggotanya, dan bahkan foto aktivitas BKMT juga ditampilkan di data geospasial ini," tuturnya.

Muda menyadari sejak pandemi COVID-19 melanda, hampir aktivitas masyarakat terpaksa ditunda termasuk kegiatan BKMT ini. Namun hal itu tidak mengurangi hubungan silahturahmi antara masyarakat dengan pemerintah daerah, justru kondisi itu sebagai penguat bagi Kubu Raya untuk bisa tetap membahagiakan masyarakatnya.

"Perjalanan BKMT Kubu Raya ini punya magnet yang luar biasa, yang mana setiap orang akan tahu karakteristik BKMT Kubu Raya, yaitu BKMT menanjak," katanya.

Muda meminta setiap BKMT baik di kecamatan dan desa agar bisa mengenal identititasnya. Diharapkan kedepannya, siapapun pengurus BKMT kedepannya, tentunya BKMT Kubu Raya bisa mengenal identitasnya.

"Saya berusaha mendorong melalui peraturan bupati, agar bagaimana semua desa-desa bisa bersinergi dan memperkuat kegaitan BKMT ini, karena rencananya pada tahun 2023 mendatang kita minta agar Dana Desa juga membantu aktivitas BKMT," kata Muda.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya berikan bantuan stimulan untuk korban bencana angin kencang

Baca juga: Kemenpera Bantu Perbaikan 826 RTLH Kubu Raya

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022