Setelah menemui para Pedagang kaki lima (PKL), yang biasa berjaja di Taman Alun – Alun Kapuas Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat,  anggota DPRD Kabupaten Sintang, Senen Maryono mengaku siap mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, melalui Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah (Disperindagkop dan UKM) Kabupaten Sintang, untuk segera merelokasi pada pedagang ke Halaman Pasar Kapuas Raya.

"Saya sudah diskusi dengan para PKL, mereka sangat senang dipindahkan ke Halaman Pasar Kapuas Raya,” ujarnya, Minggu (26/6).

Dari hasil pertemuan tersebut, dirinya berharap dengan pemindahan para PKL dari Taman Alun – Alun Kapuas Sintang di Jalan Patimura ke Halaman Pasar Kapuas Raya, akan menjadi langkah yang tepat untuk menjadikan Sintang bersih dan rapi.

“Apalagi di Jalan Patimura akan dibangun waterfront untuk menambah keindahan Kota Sintang,” katanya.

Baca juga: Malaysia belum sepakati titik PLBN Sintang

Untuk itu ke depan dirinya juga berharap agar Pemkab Sintang juga membangun kawasan khusus PKL yang representatif, agar ekonomi masyarakat kecil menengah bisa tumbuh.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Sintang, Arbudin mengatakan, pemindahan para PKL di Jalan Patimura ke halaman Pasar Kapuas Raya merupakan program Disperindagkop dan UKM untuk penataan PKL di Kota Sintang.

“Kami sedang menyiapkan konsep untuk kawasan pusat kuliner di Kota Sintang,” kata Arbudin.

Baca juga: Dewan ajak masyarakat bijak bermedia sosial

Dia mengatakan, para PKL dapat berjualan di halaman Pasar Kapuas Raya sejak sore hingga malam hari. Untuk membuat halaman Pasar Kapuas Raya semakin ramai, pihaknya akan mengundang para pengusaha permainan anak untuk membuka usahanya di Pasar Kapuas Raya.

“Kami berencana akan melengkapi Pasar Kapuas Raya dengan fasilitas bermain anak, apakah di lantai atas pasar atau di halamannya,” kata dia.

Selain memindahkan PKL di Jalan Patimura, Arbudin mengatakan, pihaknya juga akan merelokasi PKL yang ada di Taman Entuyut.

“PKL di Taman Entuyut juga akan dipindahkan. Kami masih berkoordinasi dengan instansi terkait,” katanya.

Dikatakan dia, semua PKL liar di Kota Sintang akan ditata agar kota ini menjadi bersih dan teratur.

Baca juga: Dewan Sintang siap selalu perjuangkan usulan pembangunan
Baca juga: Legislator ajak masyarakat Kabupaten Sintang kembangkan budidaya ikan air tawar
Baca juga: Sekda Sintang hadiri dan buka kegiatan konsultasi publik

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022