Danlantamal XII Laksma TNI Suharto menyatakan siap menjadikan lomba triathlon sebagai event reguler di Kalimantan Barat setelah pihaknya sukses menggelar lomba tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 Lantamal XII Pontianak.

"Seperti saran dari Gubernur Kalbar yang meminta supaya kegiatan triathlon ini menjadi event reguler di Kalbar. Ini gayung bersambut dan Lantamal XII tentu siap membantu menjadi panitia penyelenggara," kata Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, usai penyelenggaraan Lomba Triathlon, di halaman Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak, Minggu.

Baca juga: HUT Ke-7 Lantamal XII Pontianak gelar triatlon seberangi Sungai Kapuas
Baca juga: Zahra Bulan Aprilia Putri juara Triathlon HUT ke-7 Lantamal XII

Lomba Triathlon dimulai dengan menyeberangi Sungai Kapuas dari titik start Tugu Khatulistiwa ke Markas Komando Lantamal XII sejauh 550 meter. Kemudian dilanjutkan dengan bersepeda ke Mal Gaia di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya sejauh 20 kilometer dan dilanjutkan berlari ke Kantor Gubernur Kalbar sejauh 5 kilometer. 

 
Dua atlet triathlon saat mengambil sepeda di Markas Komando Lantamal XII Pontianak, sebelum melanjutkan lomba menempuh perjalanan sejauh 20 kilometer menuju ke Mal Gaia di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Minggu (31/7). (ANTARA/Indah Lestari)


Laksma Suharto menambahkan, suksesnya kegiatan tersebut karena berkat kerja sama yang baik antara Lantamal XII dengan pihak-pihak terkait, seperti instansi-instansi pemerintah daerah, TNI/Polri, Basarnas, Dinas Kesehatan Pontianak dan Kalbar, KPLP, dan PSDKP Kementerian Kelautan.

Menurut Danlantamal XII lagi, kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Pontianak itu, sangat antusias diikuti oleh peserta baik lokal maupun tingkat nasional. Selain itu, sejak dimulainya kegiatan, masyarakat Kalbar, khususnya yang ada di Kota Pontianak juga sangat antusias menyaksikan mulai dari start awal lomba di Tugu Khatulistiwa Kecamatan Pontianak Utara hingga ke finish di halaman Kantor Gubernur Kalbar di Kecamatan Pontianak Tenggara.

Baca juga: Dalam rangka HUT ke-7 Lantamal XII gelar lomba Triathlon

"Ini sangat spesifik pada lomba triathlon kali ini karena baru pertama kali berenang dengan menyeberang sungai, yang tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dengan berenang di kolam maupun di perairan laut," ujarnya menjelaskan. 

Selaku Pembina Federasi Triathlon Indonesia wilayah Kalbar bersama KONI Kalbar tentu akan memanfaatkan momen ini untuk selanjutnya, agar lomba ini dapat lagi diselenggarakan di Kalbar. "Mudah-mudah kegiatan lomba ini dapat dijadikan agenda ke 7 lomba triathlon tingkat nasional," katanya berharap.

Pewarta: Nurul Hayat dan Slamet Ardianysah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022