Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Alexander Wilyo pimpin gotong royong membersihkan bahu jalan di seputaran Kota Ketapang, Jumat. Pesertanya seluruh pegawai antar organisasi perangkat daerah (OPD) yang diarahkan langsung oleh Sekda di halaman Kantor Bupati Ketapang.

Menurut Sekda kegiatan ini untuk menggelorakan kembali semangat gotong pada seluruh lapisan masyarakat khususnya di Ketapang. Gagasannya merupakan pengamalan dari falsafah Bangsa Indonesia yaitu Pancasila, sila ke tiga “Persatuan Indonesia”.

Di jelaskannya, falsafah gotong royong merupakan warisan para pendahulu, leluhur bangsa Indonesia. Sebab itu harus tetap lestari di tengah-tengah masyarakat Indonesia termasuk di Ketapang.

"Kita, sebagai ASN harus memberi teladan kepada masyarakat. Filosofi gotong royong ini ketika kita terapkan dalam keseharian, dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat maka akan menjadi baik," ucap Sekda.

"Ini sangat sesuai dengan misi pertama Bupati dan Wakil Bupati Ketapang saat ini. Misi itu yakni mewujudkan pemerintahan yang handal, bersih, terpercaya dan berwibawa dalam pelayanan publik," lanjutnya.

Sekda menegaskan ide menggalakkan gotong royong ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Tapi  anti akan menjadi agenda rutin bulanan bahkan mingguan.

Ia mengungkapkan, dalam dua pekan ke depan akan diadakan rapat lanjutan. Substansi rapat itu menghimbau seluruh OPD hingga tingkat kecamatan, kelurahan/desa. Serta instansi vertikal agar bersedia membantu mengaktualisasikan gagasan ini.

"Jadi kerja bakti saat ini hanya awal dan sebagai stimulan khususnya bagi para ASN. Sebab ASN harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat," tutur Sekda.


 

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022