Presiden Joko Widodo menyebut kepercayaan internasional yang meningkat tajam menjadi salah satu kekuatan dalam membangun Indonesia  selain   tiga kekuatan lain, yakni kemampuan mengelola pandemi, sumber daya alam melimpah serta bonus demografi. 

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden  saat menyampaikan  pidatonya di Sidang Tahunan MPR-RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022,

"Kekuatan keempat adalah kepercayaan internasional yang meningkat tajam," kata Presiden Jokowi saat berpidato di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Terkait kepercayaan internasional ia menyampaikan Indonesia diterima oleh Rusia dan Ukraina sebagai jembatan perdamaian. Indonesia juga diterima negara-negara besar, walaupun geopolitik sedang panas.

"Indonesia juga dipercaya PBB sebagai Champions dari Global Crisis Response Group untuk penanganan krisis global, baik krisis pangan, energi maupun keuangan," jelas Jokowi.

Dia mengatakan tahun 2022 Indonesia menjadi Presiden G20, yang merupakan organisasi 20 negara ekonomi terbesar di dunia.

Sedangkan tahun depan, Indonesia juga menjadi Ketua negara-negara ASEAN.


Baca juga: Presiden Jokowi kenakan baju adat Babel motif pucuk rebung



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden sebut kepercayaan internasional salah satu kekuatan Indonesia

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022