Kepolisian Resor (Polres) Landak Kalimantan Barat menurunkan sebanyak 318 personel mengamankan pelaksanaan Pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak 2022 di Kabupaten Landak yang dilaksanakan pada hari ini.

"Ada 318 personel dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkades Serentak di Landak. Dengan pembagian tugas 230 personel melaksanakan pengamanan TPS sedangkan 75 personel sebagai personel siaga yang sewaktu-waktu dapat digerakkan apabila diperlukan serta ada 13 perwira yang ditunjuk sebagai perwira pengamat wilayah," kata Kapolres Landak AKBP Stevy Frits Pattiasina di Ngabang, Senin.

Dia mengatakan, dari pantauannya di lapangan, pelaksanaan pilkades di seluruh kecamatan di Kabupaten Landak tersebut berjalan lancar. Dirinya berharap agar situasi pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa tersebut bisa berjalan lancar tanpa keributan, hingga proses penetapan pemenang nantinya.

Baca juga: 74 desa di Kapuas Hulu bakal laksanakan pilkades serentak
Baca juga: Mahasiswa soroti pentingnya pemuda kawal Pilkades Serentak 2022 di Sambas

"Selain personel Polres Landak juga telah disiagakan personel TNI yaitu dari Kodim 1201 Mempawah dan Batalyon Armed 16/Komposit Ngabang, juga telah disiagakan personel dari polres penyangga yaitu Polres Sanggau, Polres Mempawah dan Polres Bengkayang juga dari personel Direktorat Samapta," tuturnya.

Menurutnya, kegiatan pilkades juga bisa menjadi momentum untuk menyolidkan, solidaritas, sinergi dan harmoni baik sesama personel pengamanan maupun dengan instansi terkait.

"Kita satukan tekad dan komitmen untuk memberikan contoh dan membuktikan kepada masyarakat, bahwa Polri bersama unsur terkait siap untuk mengawal, mengamankan serta menyukseskan Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Landak," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Landak Samuel juga berharap tahapan pilkades serentak di daerah itu bisa berjalan jalan aman dan lancar di 98 desa yang ada di kabupaten itu.

"Ini merupakan tanggung jawab kita bersama untuk terus menjaga dan mengawal tahapan Pilkades serentak di Kabupaten, sehingga bisa berjalan damai hingga akhir," tuturnya.

Baca juga: Masyarakat Sintang diajak ikut sukseskan Pilkades serentak
Baca juga: 281 personil anggota kepolisian diturunkan untuk amankan Pilkades serentak
Baca juga: Pilkades serentak 74 desa Kapuas Hulu digelar 23 Juli

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022