Kegiatan turnamen pencak silat Sekda Cup 2022 di ikuti sebanyak 1.300 pendekar dari 27 perguruan yang ada di Kabupaten Ketapang, yang dibuka dengan Apel Akbar Seribu Pendekar, di Halaman Kantor Bupati Ketapang, Kamis (23/09/2022).

Sekretaris  daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo saat meresmikan Turnamen Pencak Silat Sekda Cup 2022 mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sejalan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77, yang akan di tutup pada 25 September 2022 mendatang.

"Dalam kegiatan Jambore nanti, selain apel akbar juga akan dilaksanakan pelantikan pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) tingkat Kecamatan se Kabupaten Ketapang," ujarnya. 

Ada juga perebutan tropi Pendekar Wira Utama, dimana Pendekar Wira Utama di Ketapang saat ini adalah Alexander Wilyo. Serta festival pencak silat tradisional dan kejuaraan pencak silat prestasi.

"Untuk peserta kejuaraan ini berjumlah 187 pendekar," ungkapnya.

Baca juga: Seribu pendekar bakal berkumpul di halaman Kantor Bupati Ketapang

Dalam sambutannya Sekda Ketapang mengaku sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran semua pendekar dalam apel akbar tersebut. Menurutnya ini akan menjadi potensi sumber daya manusia Ketapang yang harus kita bina dan perhatikan.

"Menjadi penyokong, pendukung serta modal kita untuk membangun Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera," ujar Alexander yang juga sebagai Dewan Pembina IPSI Ketapang. 

Ia menjelaskan pencak silat adalah olahraga atau beladiri tradisional asli milik Bangsa Indonesia. Sebab itu harus dirawat, dijaga, dilestarikan dan dikembangkan, sehingga pencak silat bisa maju dan semakin jaya di Ketapang dan Indonesia pada umumnya. 

Ide Pencak Silat Sekda Cup ini awalnya di rencanakan hanya sederhana, namun dalam perjalanannya mendapat respon yang luar biasa oleh masyarakat khususnya para pendekar pengurus IPSI.

Baca Juga: Raja Tayan dorong tradiisi silat melayu 'Pukol Tujuh' didaftarkan sebagai WBTB

"Kalau setuju tahun depan akan terus kita adakan dan tolong Dispora anggarkan. Kita akan buat lebih meriah. kita undang tidak hanya pendekar Ketapang tapi juga seluruh pendekar Se Kalbar," tuturnya. 

Sekda juga mengajak seluruh jajaran IPSI dan perguruan silat di Ketapang untuk mendukung. Serta menyukseskan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 30 tingkat Provinsi Kalbar di Ketapang pada November 2022.

Pewarta: Subandi

Editor : Nurjali


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022