Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan meminta perguruan tinggi untuk lebih adaptif dalam melakukan transformasi kurikulum sesuai kebutuhan nasional dan global dalam penerapan Kampus Merdeka.

"Pendidikan diharapkan sesuai karakteristik yang ada di Indonesia. Di mana di masa lalu, mahasiswa tidak memiliki fleksibilitas dalam belajar, semua kegiatan belajar dimaknai secara rakitan, dengan satuan kredit semester, hingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa di luar kampus, di luar ruang kuliah, di luar lecture, tidak bisa diakui sebagai pembelajaran," kata Ria Norsan saat membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas OSO di Pontianak, Selasa.

Norsan mengatakan, saat ini SKS diartikan dalam jam kegiatan, sehingga ada fleksibilitas bagi mahasiswa menuntut ilmu, baik secara tatap muka perkuliahan maupun kegiatan lainnya seperti magang dan mengajar di desa.

Menurutnya, dengan berbagai kegiatan di luar kampus diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk memberikan solusi atas permasalahan riil yang dihadapi masyarakat.

"Dalam hal ini, Kampus Merdeka mendorong mahasiswa untuk belajar sepanjang hayat, menggali minat dan bakat serta meningkatkan keunggulan kompetensi menatap era Revolusi Industri 4.0. Kreativitas dan inovasi bisa terpacu dengan gotong royong dari banyak pihak, kompetensi dan kolaborasi dapat lebih diasah melalui berbagai macam program Kampus Merdeka," katanya.

Dia menambahkan, sebagai seorang mahasiswa baru harus mampu menanamkan tekad sejak dini untuk bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi ini.

"Saya berharap para mahasiswa baru mempunyai cita-cita yang tinggi, sehingga menjadi penyemangat dan gairah untuk belajar dengan baik, lebih kreatif dan inovatif. Asah terus potensi dan bakat yang ada pada setiap diri kalian, salurkan juga dalam suatu wadah organisasi kampus, sehingga bisa bersinar dan menyinari lingkungan sekitarnya," kata Ria Norsan.

Baca juga: Mahasiswa di Kalbar ikuti diskusi adaptasi kurikulum merdeka
Baca juga: Sutarmidji berikan beasiswa untuk wisudawan berprestasi
Baca juga: KMKS dapat penghargaan pemuda perlindungan anak dari KPPAD Kalbar

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022