Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, membangun rumah sakit tipe D guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama di Kecamatan Pontianak Utara dan sekitarnya.

"Hingga saat ini pengerjaan pembangunan rumah sakit tipe D di Pontianak Utara masih berjalan dengan menggunakan anggaran sebesar Rp49 miliar secara tahun jamak," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Selasa.

Baca juga: Pontianak target September pembangunan rumah sakit di utara rampung

Dia menjelaskan pembangunan rumah sakit itu saat ini sudah mencapai 87 persen, yang dibangun sejak tahun 2021.

"Saya inginnya bulan November tahun ini sudah rampung karena mau kita resmikan, atau paling lama Desember sudah mulai beroperasi melayani pasien," ujarnya.

Gedung yang terdiri dari tiga lantai ini memiliki kapasitas 75 tempat tidur. Ruang Unit Gawat Darurat (UGD), Ruang Intensive Care Unit (ICU) serta ruang perawatan beserta peralatan medis juga melengkapi bangunan gedung rumah sakit tipe D itu.

Baca juga: Pemkot Pontianak mulai bangun rumah sakit di Siantan Hilir

"Selain itu ada poliklinik dan lift, termasuk kelengkapan untuk keselamatan bangunan seperti hydrant, alarm, smoke detector, apar pemadam kebakaran dan jalur evakuasi apabila terjadi bencana," katanya.

Pelayanan yang tersedia di rumah sakit tipe D ini di antaranya ruang bersalin sebagai pelayanan utama, penyakit yang diakibatkan dari kecelakaan, penyakit dalam dan operasi ringan bisa dilakukan di rumah sakit ini.

Keberadaan rumah sakit di wilayah Pontianak Utara ini diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat di kawasan sekitar dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Baca juga: Pontianak Utara akan Miliki RS Tipe D

Dia menambahkan, masyarakat yang berada di Pontianak Utara dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh untuk mendapat rujukan terutama penanganan sakit atau kondisi umum lainnya, seperti kasus kecelakaan yang memerlukan penanganan darurat, kesehatan ibu dan anak serta kebidanan.

"Untuk penanganan pasien yang membutuhkan perawatan khusus, akan dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar," kata Edi.

Ia menyebutkan sumber daya manusia yang akan mengisi rumah sakit ini juga telah disiapkan, termasuk dokter dan tenaga kesehatan maupun perawat.

"Tujuan didirikannya rumah sakit tipe D di Pontianak Utara ini untuk memberikan layanan kesehatan yang cepat dan mudah dijangkau bagi warga Pontianak Utara dan sekitarnya," ujarnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022