Pemerintah Kota Singkawang menggandeng Pemerintah Kota Miri Sarawak untuk mempromosikan berbagai produk pangan yang ada di kota "Seribu Kelenteng" tersebut ke wilayah Kota Miri.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie bersama Wali Kota Miri Adam Yi Siew menandatangani kerja sama "Kota Bersaudara" di Singkawang.

"Potensi Kalimantan wilayah Indonesia yang memiliki penduduk sekitar 16 juta jiwa perlu dimanfaatkan dan Indonesia perlu lebih aktif mempromosikan berbagai produk pangan di Miri,” kata Adam Yi Siew saat melakukan kunjungan kerja di Singkawang, Senin.

Dia berjanji membantu Indonesia khususnya Kota Singkawang dalam mempromosikan berbagai produk baik itu makanan, minuman maupun lainnya di Miri.

Dia mengatakan akan lebih aktif memfasilitasi berbagai produk Indonesia di Miri, salah satunya akan digelar pameran berbagai produk Indonesia di kota tersebut.

Dalam kunjungan kerja itu, Wali Kota Miri dan Wali Kota Singkawang telah menandatangani kerja sama yang dikenal dengan "Kota Bersaudara" di rumah dinas Wali Kota Singkawang.

“Kami berharap kerja sama Miri dan Singkawang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedua belah pihak," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie juga berharap kerja sama tersebut akan mendorong sektor ekonomi, pariwisata yang ada di Kota Singkawang agar lebih bergerak maju, sehingga dapat mempercepat kesejahteraan bagi masyarakat setempat.

Selain itu, dia memprediksi pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur akan memiliki dampak positif bagi Singkawang yang berdekatan dengan Miri. Untuk itu perlu dipersiapkan roadmap Kota Singkawang atas pembangunan IKN.

Konsul Jenderal Republik Indonesia, Raden Sigit Witjaksono berharap langkah awal pertemuan bersama itu dapat dilanjutkan dengan proses untuk pembuatan nota kesepahaman sesuai ketentuan yang berlaku.

“Ini dengan landasan hukum yang kuat diharapkan kedua belah pihak mendapat keuntungan demi kesejahteraan rakyat Singkawang dan Miri,” katanya.

Sigit mengatakan, selain rombongan Wali Kota Miri yang berkunjung ke Kota Singkawang, hari ini ada juga kunjungan sebanyak 200 masyarakat Miri ke Singkawang untuk melakukan wisata religi.

“Kita berharap ini akan terus dikembangkan dalam mempromosikan potensi Kota Singkawang ke masyarakat Miri,” katanya.

 

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022