Prajurit Satgas Pamtas Yonif Armed 19/105 Tarik Bogani memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat di daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia di Sungai Biruk, Desa Sei Mawang, Kecamatan Puring Kencana, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Saya perintahkan setiap pos untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada masyarakat, untuk menjamin kesehatan masyarakat di perbatasan," kata Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm. Edi Yulian Budiargo, seperti dihubungi ANTARA di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Edi mengatakan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan dengan mendatangi rumah masyarakat, sekaligus sebagai kegiatan komunikasi sosial prajurit Satgas Pamtas di daerah binaannya masing-masing.

Menurutnya, selain bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat di perbatasan, kegiatan sosial itu juga sebagai bentuk kedekatan prajurit TNI kepada masyarakat.

Kehadiran prajurit TNI Satgas Pamtas tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan NKRI, tetapi juga melakukan pembinaan serta menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan dengan masyarakat, kata Edi.

"Kami selalu berupaya untuk hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi dan meringankan beban masyarakat," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Pos Personel Pos Koki Sei Mawang II, Lettu Arm. Yudhanto, mengungkapkan kegiatan di rumah betang atau rumah tradisional suku Dayak tersebut merupakan salah satu bagian dari kegiatan komunikasi sosial di wilayah Dusun Sungai Biru.

Dalam kesempatan itu, lanjutnya, prajurit bersama dengan Alexius Sunang, tokoh adat Puring Kencana di Sei Mawang, juga membahas terkait hukum adat.

"Kami selalu berdiskusi dan menjalin rasa kekeluargaan bersama masyarakat," kata Yudhanto.

Dengan menjalin komunikasi yang baik, Alexius Sunang kemudian mengumpulkan masyarakat yang tinggal di rumah betang untuk mendapatkan pengobatan gratis dengan mengutamakan warga lanjut usia (lansia).

Alexius Sunang menyampaikan terima kasih kepada prajurit TNI Satgas Pamtas yang dengan suka cita melayani masyarakat melalui pengobatan gratis.

"Kami masyarakat sangat senang, TNI membantu kami dengan pengobatan gratis," kata Alexius.

Dia berharap prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani selalu dekat dengan masyarakat.

"Hati kami senang bisa dekat dengan prajurit TNI, semoga rasa kekeluargaan ini terus terjalin dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022