Perkumpulan Lions Club Distrik 307-B1 bersama Pemkot Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat melakukan penanaman 10.000 pohon Mangrove di wilayah Kuala Pesisir Singkawang, untuk menyelamatkan kawasan wisata pantai dan pesisir Singkawang yang semakin terkena abrasi.

"Kami memberikan apresiasi kepada Lions Club District 307-B1 yang sudah berkenan datang ke Kota Singkawang dan melaksanakan penanaman 10.000 pohon mangrove.  Perhatian untuk masyarakat Kota Singkawang terhadap lingkungan tentunya terfokus pada keselamatan kesehatan warga Singkawang," kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Selasa.

Ia menambahkan dengan adanya penanaman pohon mangrove ini turut berdampak positif pada objek pariwisata di sejumlah pantai yang ada di Singkawang.

Selain itu, Ia juga berharap kerja sama dan partisipasinya dari semua pihak terutama masyarakat Kelurahan Kuala untuk menjaga dan merawat objek wisata tersebut.

Tjhai Chui Mie menjelaskan, Kota Singkawang merupakan salah satu Kota di Kalimantan Barat yang memiliki sumberdaya pesisir dan laut yang cukup potensial untuk dikembangkan serta dikenal sebagai daerah tujuan wisata masyarakat di Kalimantan Barat.

"Sebagian besar wilayah Kota Singkawang merupakan pesisir dan perairan laut, di mana empat dari lima kecamatan yang ada di Kota Singkawang merupakan kecamatan pesisir sehingga potensi pembangunan berada di kawasan pesisir dan perlu penanganan bersama dalam pelestarian alamnya," kata Tjhai Chui Mie.

Mewakili Lions Club Internasional, Gubernur Lions Club District 307-B1 Erijanto Djajasudarma mengatakan Lions Club sendiri memiliki 5 fokus kegiatan diantaranya yaitu Vision (mata), Diabetes, Lingkungan Hidup, Kanker Anak, dan Pengentasan Kelaparan. Kegiatan kali ini mengambil fokus Lingkungan Hidup.

"Kami berharap banyak dari kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan membantu lingkungan sekitar kita agar menjadi lebih baik serta kita bisa memerangi efek gas rumah kaca demi anak cucu kita di masa depan," katanya.

Baca juga: Astra Motor tanam 10.000 mangrove rangkaian penutupan HUT ke-52
Baca juga: Kelompok Sadar Wisata Desa Sungai Kupah gelar Upacara HUT RI di pesisir pantai
Baca juga: Sekolah di Kubu Raya mulai terapkan muatan lokal pendidikan lingkungan gambut - Mangrove

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022