PLN Kalimantan Barat melalui  Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)  telah  membuat UMKM sukses mendapatkan  penghargaan hingga berhasil di pasarkan ke luar negeri.

"Itu produk UMKM binaan kita yaitu kripik larasita yang ada di Kubu Raya, jadi sudah beberapa kali memenangkan kompetensi tingkat kabupaten, dan sudah di ekspor ke beberapa negara,"kata Ade Putera Hasian, Manager Perizinan dan Komunikasi PLN UIP KLB di Sukadana.

Menurutnya, kelompok UMKM kripik larasita telah dibina oleh PLN melalui TJSL mulai dari tahap  produksi hingga promosi produk dan juga pelatihan peningkatan kapasitas hingga akhirnya keripik asli dari Kubu Raya tersebut bisa dikenal hingga ke luar negeri.

"Jadi kita bantu dari mesin produksi mereka,  packaging,  desain produk dan promosi di medsosnya kita supaya pangsa pasarnya juga bisa besar," jelasnya.

Saat ini banyak UMKM binaan PLN di Kalimantan Barat tumbuh dan berkembang seperti di Kayong Utara melalui TJSL PLN membantu rumah kopi Sukadana. Sedangkan di Melawi PLN membantu  petani gula aren  dan di Jeruju Pontianak pihaknya membantu  UMKM pemanfaatan lemon di daerah.

"Jadi untuk di Paguyuban Kopi Sukadana Kita memberi bantuan mesin mulai  dari pengupasan dan packaging. Selain itu juga  Melakasanakan pelatihan  penggunaan mesinnya, jadi kalau ada kendala langsung bisa bisa diketahui oleh paguyuban,"kata dia.

Ditambahkannya,  pembinaan TJSL PLN tergantung kondisi UMKM itu sendiri dan konsep yang dibangun sehingga PLN bisa menyesuaikan kontribusi yang bisa dilakukan oleh PLN

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022