Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kapuas Hulu melalui Polsek Suhaid mengajak Satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) Desa Laut Tawang Kecamatan Suhaid meningkatkan kapasitas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Kami dari kepolisian terus berupaya bersinergi dengan semua pihak termasuk linmas agar selalu tercipta situasi kondusif di tengah masyarakat hingga ke pelosok desa," kata AKBP France Yohanes Siregar, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan France, pelatih kapasitas linmas di tingkat desa penting dilakukan di seluruh jajaran polsek wilayah Kapuas Hulu, salah satunya seperti yang dilakukan Polsek Suhaid.

Baca juga: Masyarakat Pontianak diajak jaga kamtibmas jelang Pemilu 2024

"Menjaga kamtibmas agar tetap kondusif itu tanggungjawab semua pihak dan linmas sebagai mitra polisi sangat memiliki peran strategis di lingkungan desa," kata France.

Dia berharap pelatih linmas terus dilakukan agar petugas linmas memiliki kemampuan dalam menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

Sementara itu, Kapolsek Suhaid IPDA Ismail Sinuraya mengatakan pelatih kapasitas linmas di Desa Laut Tawang Kecamatan Suhaid dilaksanakan atas kerja sama dan sinergi semua pihak terkait di antaranya Kasat Pol PP Kapuas Hulu, pemerintah kecamatan dan aparatur Desa Laut Tawang serta jajaran Koramil di Kecamatan Suhaid.

Dikatakan Sinuraya, pelatihan Linmas Desa Laut Tawang tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran linmas dalam menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing.

"Tugas linmas saat ini tidak hanya urusan menjaga keamanan lingkungan saja, tetapi banyak tugas mulia yang bersifat sosial kemasyarakatan yang dapat dikerjakan oleh linmas," ucap Sinuraya.

Dia berharap materi pelatih dapat diimplementasikan di tengah masyarakat untuk mewujudkan Kamtibmas yang kondusif.

"Mari kita bergandengan tangan bersama-sama menciptakan kamtibmas," kata Sinuraya.

Baca juga: Dua permasalahan angkutan sungai perlu perhatian khusus

Baca juga: TNI dan Polri gelar patroli bersama antisipasi gangguan kamtibmas

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022