Gubernur Kalimantan Barat Sutarmijdi berharap, generasi muda dapat mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berpotensi agar dapat menjaga keutuhan negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Jawaban dari segala persoalan negara ini ke depan adalah pada SDM. Mungkin SDA bisa selesai dan habis, tetapi SDM yang bagus, bisa menjaga keutuhan negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya saat menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan 2022 di daerah itu di Pontianak, Kamis.

Ia mengatakan pentingnya generasi muda bisa memaknai kata-kata mutiara yang disampaikan oleh para pahlawan. Pahlawan memberikan pesan kepada generasi muda agar bisa mengelola negara yang harus menjadi perhatian.

"Sekarang lagu perjuangan saja mereka (anak muda, red.) sebagian besar sudah tidak tahu. Sebenarnya lagu perjuangan merupakan semangat kita mencintai negara dan semangat merajut kebersamaan dari berbagai komponen bangsa," tuturnya.

Dalam hal itu, Sutarmidji berharap, jiwa kepahlawanan di generasi muda harus tumbuh dan dikembangkan terutama pada bidang pendidikan.

"Generasi sekarang harus menjalankan pendidikan dengan baik. Misalnya, berinovasi, berkreasi, menuntut ilmu dengan setinggi tingginya, serta mengimplementasikannya di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Selain itu, Sutarmidji berharap, generasi muda dapat membangun desanya dan dapat mengambil contoh dari anak muda yang sudah berhasil memajukan desanya.

"Banyak contoh anak muda yang luar biasa dalam membangun desanya. Kita ini hanya meletakkan dasar pembangunan, tetapi mereka generasi emas 2024 yang usianya 20 tahunan itulah yang akan mengambil estafet kepemimpinan ke depannya," kata Sutarmidji.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022