Kaum wanita  di Kabupaten Kayong Utara diajak untuk  berperan aktif dalam dunia politik  terutama politik praktis untuk memperjuangkan dan menyuarakan hak - hak perempuan.

"Kita berharap agar   perempuan untuk turut serta terlibat aktif di ranah politik, ikut dalam pencalonan legislatif , serta berpartisipasi dalam pemilihan" kata  Kabid. Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Dinas SP3APMD Kayong Utara Tita Fitriana   di Sukadana, Selasa.

Untuk itu pihaknya telah menggelar sosialisasi  kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi. Dimana menurutnya, era emansipasi perempuan harus menjadi kekuatan utama Indonesia lebih cepat bangkit kembali.

"Selain itu juga kegiatan ini bertujuan memotivasi para perempuan agar tidak enggan dengan hal” yang berbau politik. Mengingat sekarang ini 30% kursi DPRD seharusnya di isi oleh perempuan, dalam hal ini ada peluang bagi kaum perempuan," kata dia.

Kegiatan yang dilaksanakan di tiga kecamatan diantaranya di  kecamatan  Teluk Batang yang digelar pada tanggal 10 November, di Sukadana pada 14 November 2022, dan Simpang Hilir 17 November 2022. 

"Sasaran atau peserta dalam kegiatan ini berjumlah 25 orang yang di ambil dari perempuan yg terlibat di organisasi, partai politik dan umum. Narasumber kegiatan ini dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  dan dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kayong Utara," terangnya.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022