Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Landak Kalimantan Barat mengimbau kepada semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi terkait lainnya untuk bersama-sama membantu Diskominfo Landak mewujudkan Satu Data Indonesia di kabupaten setempat.

"Diskominfo Kabupaten Landak merupakan satu-satunya instansi pemerintah yang memiliki tugas pokok penyelenggaraan Statistik Sektoral yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah," kata Sekretaris Daerah Pemkab Landak Vincensius saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Metadata Statistik Sektoral Kabupaten Landak dengan narasumber dari BPS Provinsi Kalimantan Barat dan Bappeda Kabupaten Landak yang dilaksanakan di Ngabang, Rabu.

Namun, kata Vincensius, Diskominfo tidak dapat bekerja sendiri, tetapi juga perlu dukungan dari para penyelenggara kegiatan statistik sektoral, statistik dasar maupun statistik khusus.

"Dengan adanya koordinasi, integrasi, standardisasi dan sinkronisasi ketiga kegiatan statistik tersebut, maka Sistem Statistik Nasional dapat diwujudkan yang kemudian dapat dihimpun untuk guna Satu Data Indonesia," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Vincensius menyampaikan bahwa Diskominfo Kabupaten Landak merupakan instansi yang memiliki tugas pokok dalam penyelenggaraan statistik sektoral.

Lebih lanjut Vinsensius menyampaikan bahwa penyelenggara statistik menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan, sehingga sangat penting bagi Diskominfo Kabupaten Landak untuk menyajikan data yang tepat dan akurat.

"Penyelenggara statistik, baik dasar, sektoral, maupun khusus perlu memiliki integritas, karena itu menjadi dasar pengambilan kebijakan baik mikro maupun makro, di tingkat kabupaten/kota, provinsi, bahkan nasional. Kesalahan dalam menyampaikan hasil pendataan akan berdampak besar pada kebijakan," katanya.

Oleh sebab itu, dia menambahkan, sangat penting bagi Diskominfo untuk menyajikan data yang tepat guna bagi pemerintah, masyarakat, dan para peneliti, khususnya untuk keberhasilan pembangunan di Kabupaten Landak.

Vinsensius menyampaikan bahwa dirinya menyambut baik dan berharap kepada Diskominfo Kabupaten Landak dapat berkolaborasi dengan OPD maupun instansi lainnya dalam menyediakan data.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah dan juga masyarakat Kabupaten Landak menyambut baik kegiatan ini," kata dia lagi.

Dia berharap, di masa akan datang Diskominfo berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah maupun instansi vertikal lainnya dan mampu menyediakan data-data yang semakin akurat, mutakhir, dan dapat dipertanggungjawabkan dalam menunjang pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Landak.

Baca juga: Kemenkominfo terus dukung program Satu Data Indonesia

Baca juga: Edi Kamtono minta OPD selalu memperbarui data

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022