Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar Agus Chusaini mengatakan pihaknya menggencarkan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada 2023 dalam rangka percepatan digitalisasi sistem pembayaran.

"Pada tahun ini, QRIS terus digencarkan agar akselerasi digitalisasi keuangan dan target penggunaan QRIS semakin maksimal atau tercapai," ujarnya saat kegiatan "Apresiasi Stakeholder KPw BI Kalbar 2022" di Pontianak, Kalbar, Senin.

Ia menjelaskan elektronifikasi sistem pembayaran dengan QRIS ditargetkan pada 2023 mencapai 288 ribu merchant atau pedagang. Angka tersebut meningkat dari hanya 250 ribu pedagang.

"Secara nasional target tahun ini ada 47 juta pedagang menggunakan QRIS. Untuk Kalbar 288 ribu dan tentu kami maksimalkan. Sejauh ini, untuk pengguna QRIS yang tercatat atau melakukan registrasi sebanyak 336 ribu di Kalbar. Tentu dengan tidak tercatat jauh dari angka tersebut, artinya penggunaan QRIS semakin ramai," ucap dia.

Baca juga: BI imbau mahasiswa sebarkan digitalisasi keuangan hingga perbatasan

Ia menambahkan bahwa sebagai upaya meningkatkan inklusi keuangan, menekan angka masyarakat yang tidak tersentuh bank, memperkuat peran ekonomi serta keuangan digital kepada seluruh masyarakat, pihaknya juga terus berupaya untuk menyosialisasikan pembayaran digital melalui QRIS tersebut.

"Implementasi pembayaran secara nontunai terutama QRIS memiliki banyak keuntungan di antaranya menekan penggunaan uang palsu sehingga semua dapat merasa aman dalam bertransaksi, selain itu higienis, mudah dan tentunya mengikuti perkembangan zaman menuju arah transformasi digital," katanya.

Untuk pencapaian target penggunaan QRIS di Kalbar, menurutnya, tentu butuh peran semua pihak baik dari industri keuangan maupun unsur lainnya. Sinergi dan kolaborasi harus terus digalakkan.

"Dengan sinergi dan kolaborasi kami optimis target penggunaan QRIS di Kalbar tercapai dan tentu hal itu memperkuat sistem pembayaran secara digital di Kalbar. Inovasi penting juga dari kawan-kawan industri keuangan," ucap dia.

Baca juga: 175.126 pedagang di Kalbar manfaatkan QRIS per April 2022

Baca juga: Merchants QRIS di Kalbar sudah capai 171.950

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023