Kantor  Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas III Teluk Melano membagikan 134  PAS  kecil dan life jacket kepada nelayan yang ada di Kayong Utara.

"Hari ini kita laksanakan kegiatan penyerahan pas kecil dan life jacket (baju keselamatan) untuk teman-teman nelayan di beberapa lokasi, dengan total 134 pas kecil yang dibagikan secara gratis" jelas Kepala Kantor UPP Kelas III Teluk Melano Hardi Sugianto, Rabu.

Ia  menjelaskan banyak manfaat yang akan diperoleh oleh nelayan jika memiliki PAS kecil terutama    sebagai syarat pinjaman kredit di bank bagi nelayan serta sebagai salahsatu syarat nelayan mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui kelompok-kelompok nelayan.

"Fungsinya pertama untuk dokumen kepemilikan selain itu juga sebagai surat tanda kebangsaan kapal, sebagai dokumen kelengkapan surat berlayar atau  surat menjamin keamanan melakukakn pelayaran sehingga memudahkan pendataan saat terjadinya musibah," kata dia.

Selain itu juga menurutnya, bisa sebagai jaminan kredit usaha di bank atau sebagai dasar pemerintah memberikan subsidi kepada nelayan.

"Jadi kalau untuk subsidi atau program lainnya , biasanya diberikan oleh pemerintah atau instansi lainnya melalui kelompok-kelompok nelayan dengan salah satu syaratnya memiliki PAS kecil" jelasnya.

Hardi juga mengatakan bahwa ada kurang lebih 1500 an nelayan menggunakan kapal 7GT kebawah  dan 490 nelayan telah mendaptkan Pas kecil.

"kita di kayong utara ini sekitar ada 1500an, tapi karna keterbatasan tempat dan dana , kita juga keterbatasan sarana dan cuaca jadi sampai saat ini kita sudah mencapai 490 pas kecil, yang kita berikan gratis kepada para nelayan,"tambahnya.

"sebenarnya bukan dari kita saja, perlu kolaborasi baik vertikal maupun pemerintah daerah untuk lebih sering mengedukasi kepada para nelayan ini, agar mengurus pas kecil itu, supaya mereka ( nelayan ) mendapatkan hak mereka."

salah seorang nelayan pulau maya , Mat Jais, memberikan apresiasi kepada UPP Kelas III Teluk Melano telah melakukan pengukuran dan pendataan kapal secara gratis kepada masyarakat.

"kemaren ada rekan rekan dari sahbandar datang ketempat kami, melakukan pengukuran , dan alhamdulillah semuanye gratis". ucapnya

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023