Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Tanjungpura (IKA FISIP Untan) Kota Pontianak siap menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) II yang dijadwalkan pada Sabtu (18/2).

Ketua Panitia Penyelenggara Konferwil -II IKA FISIP Untan Kota Pontianak, Kasdi Tri Aryada mengatakan, kegiatan ini mengusung tema "Transformasi Alumni Fisip Untan dalam Mendukung Kemajuan Futuristik di Kota Pontianak".

"Tema yang kami angkat bermakna bahwa perlunya peranan alumni FISIP Untan secara maksimal dalam mendukung segala kebijakan pemerintah Kota Pontianak demi kemajuan pembangunan," terang Yada sapaan akrabnya.

Yada menyampaikan bahwa tujuan dari diselenggarakannya Konferwil IKA FISIP Untan Kota Pontianak ialah untuk mengevaluasi kinerja Kepengurusan Daerah IKA FISIP Kota Pontianak periode 2018-2022.

"Kita juga akan memilih ketua pengurus daerah periode selanjutnya," jelas pria yang berprofesi sebagai dosen ini.

Baca juga: Universitas Tanjungpura tuan rumah KKN kebangsaan XI tahun 2023

Selain itu, tambah Yada, Konferwil juga bertujuan untuk menyerap aspirasi harapan para alumni yang sejatinya akan menjadi salah satu tolak ukur peranan secara maksimal kepengurusan yang baru dalam menjalankan amanah yang akan diemban.

Untuk itu, melalui kesempatan ini, dirinya pun menyampaikan beberapa informasi penting terkait Konferwil, di antaranya soal waktu dan tempat penyelenggaraan yang menurut hasil dari saran dan usulan para alumni.

"Pelaksanaan konferwil akan diadakan di Kota Pontianak di Aula Magister Fisip Untan. Hal ini dilandasi karena banyaknya saran dari para alumni yang mengharapkan pelaksanaannya juga menjadi sarana silaturahmi atau reuni bagi para alumni khususnya yang berdomisili di Kota Pontianak, Kubu Raya dan sekitarnya, agar bisa kembali ke kampus sembari mengenang masa perkuliahan dahulu," kata Yada.

Untuk diketahui, bahwa Konferwil  II IKA FISIP Untan Kota Pontianak, nantinya panitia tidak akan mengirim undangan resmi secara tertulis kepada semua angkatan. Pasalnya, informasi  kegiatan nantinya bersifat terbuka secara khusus untuk semua alumni FISIP Untan baik lintas angkatan, maupun jenjang D3, S1 maupun S2.

"Undangan resmi terbuka akan dishare oleh panitia melalui media sosial sebagai bahan informasi, baik mengenai teknis pendaftaran bakal calon ketua IKA FISIP Untan Kota Pontianak maupun teknis pendaftaran peserta Konferwil ke-II," terangnya.

Adapun pembukaan pendaftaran bakal calon ketua pimpinan daerah IKA FISIP Untan Kota Pontianak serta pendaftaran calon peserta Konferwil dimulai pada tanggal 10 - 15 Februari 2023, masa verifikasi dan penetapan tanggal 16 Februari 2023 dengan cara menginput data portal online yang akan diinformasikan oleh panitia.

"Saya berharap nantinya semua alumni FISIP Untan, terutama yang berdomisili di Kota Pontianak pada khususnya, justru bisa lebih aktif dan turut serta menyukseskan kegiatan Konferwil ke-II IKA FISIP Untan ini," harap Yada.

Di samping itu, Panitia Konferwil  II IKA FISIP Untan Kota Pontianak tahun 2023 juga telah berkoordinasi dengan pengurus pusat melalui ketua dan sekretaris serta Dekan FISIP Untan terkait kegiatan Konferwil ke-II IKA FISIP Untan.

"Kami juga menginformasikan pula bahwa susunan panitia yang dibentuk sebagian besar diisi oleh alumni FISIP yang baru menyelesaikan studinya di kampus, dengan tujuan menjalin silaturahmi agar proses regenerasi organisasi berjalan dengan baik," tutur Yada.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IKA FISIP Untan, Iwan Dharmawan mengapresiasi atas persiapan panitia Konferwil  II Pengda Kota Pontianak dengan adanya komunikasi yang terjalin.

"Saya juga menyampaikan dan mendorong agar panitia nantinya bisa terus berkoordinasi secara intens dengan Pengurus Pusat melalui Sekretaris PP IKA FISIP Untan yaitu bung Agus, agar panitia bisa secara maksimal menyiapkan segala keperluan Konferwil," pesan Iwan.

Lutfi Almutahar, Anggota DPRD Kota Pontianak yang juga merupakan alumni FISIP Untan ini berharap melalui kegiatan Konferwil IKA FISIP Untan ke-II tahun 2023 nantinya dapat menyikapi segala kelebihan dan kekurangan kepengurusan periode 2018-2022 melalui laporan pertanggung jawaban yang diketuai oleh Ihsan.

"Saya pun berharap Konferwil ke-II IKA FISIP Untan Kota Pontianak akan mampu melahirkan pemimpin dan kepengurusan baru yang mampu membawa para alumni FISIP Untan semakin bersinergi dengan pemerintah Kota Pontianak, terutama ikut andil dalam mengisi ruang ruang pembangunan di berbagai bidang," harap Lutfi.

Baca juga: Erick Thohir komitmen jalin kerja sama dengan Universitas Tanjungpura

Baca juga: Mahupiki-Untan sosialisasikan KUHP Nasional

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023